magang merupakan salah satu cara bagi para mahasiswa untuk memperoleh pengalaman kerja dan mengembangkan keterampilan di bidang tertentu. Dalam era digitalisasi saat ini, strategi pemasaran menjadi semakin kompleks dengan adanya berbagai platform digital yang tersedia. Oleh karena itu, melakukan kegiatan magang dalam bidang pemasaran di era digital dapat menjadi langkah yang tepat bagi para mahasiswa yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang strategi pemasaran dalam era digitalisasi.
KegiatanDalam era digitalisasi saat ini, strategi pemasaran yang efektif sangat penting bagi kesuksesan suatu perusahaan. Maka dari itu, melakukan kegiatan magang dalam bidang pemasaran dapat menjadi langkah yang tepat bagi para mahasiswa untuk memperoleh pengalaman, ilmu dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi profesional pemasaran digital yang sukses di masa depan.
Sama hal nya dengan yang dilakukan oleh Nabilla Wahyu Amanda Santri, salah satu mahasiswa FISIP Universitas 17 Agustus Surabaya (UNTAG SURABAYA) yaitu melakukan kegiatan magang di PT Pegadaian CP Kalianyar, dimana perusahaan tersebut merupakan salah satu termasuk perusahaan BUMN Indonesia. Kegiatan magang yang dilakukan selama kurang lebih 2 bulan dimulai dari bulan Januari - maret 2023.
Alasan memilih tempat magang di Pegadaian adalah yang pertama yaitu merupakan perusahaan BUMN. Selain itu PT Pegadaian menyediakan divisi yang sesuai dengan konsentrasi penulis yaitu pemasaran. Magang di Pegadaian penulis mendapat kesempatan untuk memberikan kontribusi positif pada masyarakat, seperti memberikan layanan keuangan kepada masyarakat.Â
Selama magang di Pegadaian penulis ditempatkan pada divisi Pemasar, yang memiliki tugas untuk memasarkan produk Pegadaian dengan beberapa strategi pemasaran. Setelah mengamati proses pemasaran, ada beberapa strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan PT Pegadaian antara lain yang pertama yaitu promosi melalui iklan. Perusahaan menggunakan iklan televisi maupun media online untuk meningkatkan brand dan menarik perhatian nasabah. Yang kedua yaitu pemasaran melalui event, PT Pegadaian sering mengikuti event-event seperti bazar emas serta memperkenalkan produk-produk baru Pegadaian. Yang ketiga yaitu pemasaran melalui referral. perusahaan mengajak nasabah yang sudah ada untuk mereferensikan produk dan layanan PT Pegadaian kepada teman dan kerabat mereka. Yang keempat yaitu melakukan kegiatan literasi, yang biasa dilakukan di daerah kampung agen resmi pegadaian dengan memperkenalkan produk dan layanan Pegadaian.
Salah satu faktor pendukung yang membuat penulis berhasil mengerjakan tugas adalah komunikasi. Karena komunikasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Apabila kita berkomunikasi, sebenarnya kita sedang berusaha menumbuhkan suatu kebersamaan dengan seseorang (Suprapto, 2006: 2-3). Sehingga dari pengalaman dan ilmu baru tersebut bisa diimplementasikan baik di perkuliahan maupun di dunia kerja nyata nantinya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H