[Muhammad Ainur Rofik]
Pemasaran online merupakan strategi yang wajib diterapkan setiap bisnis yang ingin bertahan di tengah dinamisnya perkembangan teknologi digital saat ini. Jika dulu usaha sasaran hanya mengandalkan jualan offline atau tatap muka antara penjual dan pembeli, sekarang  dapat memanfaatkan aplikasi e-commerce dan  media social  untuk mengenalkan produk.Â
Pemasaran Online tidak hanya di terapkan pada perusahaan besar saja akan tetapi bisa di implementasikan pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Â Oleh karena itu Mahasiswa KKN Universitas Jember kelompok 81 mengadakan kelas pelatihan pemasaran online melalui aplikasi E-commerce dan media sosial (Usaha Jahit dan Sablon) di Desa Wringintelu, Puger, Jember.
Alasan diadakan kelas sosialisasi/pelatihan " Pentingnya Pemasaran Online Untuk Usaha Jahit dan Sablon" yaitu kurangnya perhatian mengenai perkembangan teknologi yang dilakukan oleh bapak Afif Jauhari dalam menjual dan memasarkan produknya. Diantaranya tidak ada inovasi penjualan, penjualan masih menggunakan penjualan tatap muka, promosi hanya melalui komunikasi dari mulut ke mulut mengakibatkan tidak ada perluasan jangkauan pasar. Sehingga harus diberikan sosialisasi/pelatihan mengenai pentingnya pemanfaatan Pemasaran online untuk usahanya.Â
Dan pada kegiatan minggu ke enam yaitu Evaluasi dari hasil kegiatan yang sudah terlaksana juga pengecekan hasil pemasaran online yang sudah di terapkan. Selama beberapa kegiatan yang sudah di laksanakan sasaranpun/pemilik usaha jahit dan sablon ini  menyampaikan respon positif kepada mahasiswa KKN mengucapkan banyak terimakasih yang sudah berkenan membantu dan memberikan wawasan ilmu pengetahuan dalam pengembangan produk usahanya serta sangat bermanfaat atas ilmu yang di perolehnya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H