Mohon tunggu...
nabilawardatulkhaurobellaa
nabilawardatulkhaurobellaa Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, cita-cita pengen jadi orang yang cerdas dan bermanfaat

hallaaw! nabila ada sini kawann, seorang mahasiswi cantikk dan mungil dan penyuka tantangan dan juga suka jalan-jalan dan alam, selalu ikuti bacaanku yaa kawan semoga bermanfattt, have nice day

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Evaluasi Pembelajaran: Pentingnya Mengukur Kemajuan Pengetahuan

15 November 2023   23:54 Diperbarui: 16 November 2023   00:26 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Evaluasi pembelajaran bagian integral dari proses pembelajaran yang mempunyai tujuan untuk mengukur sejauh mana pencapaian tujuan pembelajaran dan selain itu evaluasi pembelajaran juga digunakan untuk mengukur kemampuan sejauh mana siswa  mampu memahami pembelajaran yang telah di dapat di dalam kelas. Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas beberapa materi evaluasi pembelajaran yang melibatkan aspek-aspek penting dalam mengukur kemajuan pengetahuan.

 Evaluasi pembelajaran adalah suatu proses penilaian sistematik terhadap pencapaian tujuan pembelajaran. Tujuannya bukan hanya untuk memberikan nilai, tetapi juga untuk mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan siswa, menilai efektivitas metode pengajaran, dan memberikan umpan balik konstruktif untuk perbaikan lebih lanjut.

 Tujuan Evaluasi Pembelajaran

Materi evaluasi pembelajaran melibatkan pemahaman terhadap tujuan evaluasi itu sendiri. Tujuan utamanya adalah mengukur pemahaman siswa terhadap materi pelajaran, mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran tambahan, mengevaluasi efektivitas metode pengajaran, dan memberikan informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan dalam perbaikan kurikulum.

Jenis-Jenis Evaluasi Pembelajaran

Evaluasi Formatif: Dilakukan selama proses pembelajaran untuk memberikan umpan balik langsung kepada guru dan siswa. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dan meningkatkan efektivitas pengajaran.

 Evaluasi Sumatif: Dilakukan setelah suatu periode pembelajaran berakhir dan memberikan gambaran umum tentang pencapaian siswa. Ini biasanya berupa ujian akhir semester atau proyek akhir.

Evaluasi Diagnostik: Dilakukan sebelum pembelajaran dimulai untuk mengidentifikasi tingkat pengetahuan awal siswa dan kebutuhan pembelajaran yang harus ditargetkan.

 Metode Evaluasi Pembelajaran

Ujian Tertulis: Metode konvensional yang mencakup pertanyaan pilihan ganda, esai, dan tes lainnya untuk mengukur pemahaman siswa.

Proyek dan Presentasi: Melibatkan siswa dalam aktivitas praktis dan kreatif, yang memungkinkan mereka menerapkan pengetahuan mereka dalam konteks dunia nyata.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun