Di era yang sudah memasuki era revolusi industry 5.0 ini, hampir semuanya serba digital. Salah satu yang paling terlihat adalah manajemen atau cara komunikasi dan pemasaran suatu produk atau layanan yang ditransfer ke digital. Pemasaran digital menawarkan manfaat yang sangat penting bagi semua kalangan. Dengan bantuan pemasaran digital, proses komunikasi dan pemasaran menjadi lebih mudah dan efektif. Yuk simak penjelasan lengkap apa itu digital marketing!!!
Apa itu digital marketing?
Pengertian digital marketing adalah suatu strategi pemasaran menggunakan media digital dan internet. Pemasaran digital memiliki banyak manfaat dan keunggulan dibandingkan pemasaran tradisional. Metode pemasaran digital biasanya lebih menghemat biaya. Jika UMKM menerapkan metode ini dengan baik dan membangun merek dan pengikut media sosial, biayanya akan lebih rendah. Efektivitas pemasaran digital juga dapat dibuktikan dengan bantuan sumber daya manusia yang minim, karena kegiatan promosi dilakukan melalui media digital. Dengan mempromosikan produk atau brand UMKM di media sosial, maka dapat menjangkau khalayak luas.
Di bawah ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penerapan strategi pemasaran digital:
1. Memfasilitasi komunikasi UMKM dengan pelanggan
Salah satu keuntungan terpenting dari pemasaran digital adalah kemampuan untuk menghubungi pelanggan kapan saja, di mana saja. on line Ini menggantikan pendekatan tradisional di mana tenaga penjualan harus mengunjungi pelanggan secara langsung. Usaha kecil dan menengah dapat berkomunikasi dengan pelanggannya secara real time melalui platform online seperti media sosial. Hal ini juga menguntungkan nasabah karena mereka tidak perlu lagi datang secara fisik ke lokasi mikro dan UKM.
2. Mengurangi biaya marketing
Keuntungan lain pemasaran digital untuk pemula adalah kemampuannya untuk mengurangi biaya iklan. Versi kuno, promosi penjualan sering kali memerlukan pencetakan pamflet, spanduk, brosur, dan materi promosi fisik lainnya. Saat ini, pelaku UMKM dapat meminimalkan biaya iklan dengan menggunakan platform online.
3. Menjangkau Lebih Banyak Audiens atau Calon Pembeli
Salah satu manfaat utama dari strategi pemasaran digital adalah kemampuan UMKM untuk menjangkau konsumen dalam skala yang lebih besar. Tidak terbatas pada satu wilayah geografis tetapi dapat mencakup seluruh Indonesia bahkan pasar internasional.
Lalu, Berikut ini beberapa strategi pemasaran digital yang dapat digunakan UMKM:
- 1 Membuat sistem Optimasi Situs Web
Sangat penting untuk membuat web agar pelanggan UMKM dapat mengakses situs dan produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan mengakses situs web UMKM, pelanggan akan tertarik untuk mencari informasi lebih lanjut produk yang dijual. - 2. Menggunakan Media Sosial
Media sosial adalah platform yang sangat berpengaruh dalam menjangkau audiens yang luas, terlebih audiens baru yang belum dikenal. - 3. Pemasaran  dengan Melalui Email
Hal ini biasa ditemui di perusahaan-perusahaan besar, dan cukup efektif. - 4. Membuat Konten Pemasaran
Membuat konten yang menarik perhatian dalam memasarkan produk UMKM,sehingga pelanggan tertarik untuk membelinya. - 5. Iklan Berbayar
Memanfaatkan google ads dapat menjadi alternatif cara agar produk lebih mudah dikenal khalayak umum. - 8. Kemitraan/Kerjasama dan Kolaborasi
Membuat kemitraan atau kolaborasi dengan influencer atau artis di era sekarang merupakan strategi yang cukup ampuh. Banyak produk yang awalnya kecil, sekarang menjadi cukup besar dan malah berkembang pesat setelah diiklankan artis atau influencer yang Tengah naik daun. - Oleh sebab itu, digital marketing di era yang serba digital ini sangat penting untuk diimplementasikan UMKM karena sekarang para calon pembeli lebih mudah untuk menjangkau informasi lewat media sosial. Sebagai contoh, Mie Gacoan yang sampai sekarang masih cukup laris ini berawal dari pemasaran mereka melalui platform media sosial, dan sampai sekarang mereka tetap melakukan pemasaran lewat media sosial karena memang mengikuti tren zaman sekarang yang serba digital ini.