Dalam dunia usaha kini semakin mahir dalam mengembangkan bisnisnya khususnya melalui pemanfaatan teknologi dan internet. Internet merupakan salah satu akses yang sangat mudah digunakan dan dapat diakses seluruh anggota masyarakat. Internet juga dapat digunakan kapan saja dengan menggunakan perdagangan elektronik (e-commerce) untuk membandingkan dan membeli berbagai produk dan layanan. Di era kemajuan teknologi saat ini, masyarakat dihadapkan pada teknologi yang semakin canggih, khususnya di lingkup perbelanjaan online.Â
Sejak hadirnya internet, segala aktivitas dilakukan secara instan seperti aktivitas belanja online. Dalam belanja online tersebut erat kaitannya dengan munculnya pola perilaku konsumen yang dapat mengutamakan kenyamanan, keuntungan, dan kemudahan penggunaan. Dalam belanja online saat ini sangat menarik untuk dibahas karena di era digital ini teknologi semakin maju dan membuat banyak masyarakat umum semakin tertarik untuk belanja secara online. Banyak masyarakat terutama pelajar yang mengapresiasi aktivitas belanja online ini. Penjualan online juga berkaitan dengan produk yang ditawarkan oleh toko online itu sendiri. Jika kualitas suatu produk diiklankan kepada konsumen sebagai produk yang dapat diterima dan memenuhi harapan, hal ini akan membuat mereka enggan melakukan pembelian secara online.
Di sisi lain, pembelajaran online juga menawarkan peluang yang signifikan bagi usaha kecil dan menengah. Dengan berjualan secara online, mereka dapat mengakses pasar yang lebih luas tanpa harus membuka toko secara offline.
Adapun faktor yang mendorong meningkatnya para konsumen terhadap belanja online yaitu :
Pilihan Produk yang Lebih Banyak
Melalui belanja online, konsumen dapat dengan mudah menemukan berbagai produk yang tidak tersedia di toko fisik di daerah mereka. Mereka dapat memilih dari berbagai merek, model, dan tipe produk yang mereka inginkan.
Penawaran dan Diskon Menarik
Banyak platform e-commerce menawarkan diskon dan hadiah menarik kepada pelanggan. Hal ini membuat pelanggan semakin bersemangat bertransaksi online karena dapat meminimalisir biaya.
Kemudahan Membandingkan Harga
Dalam belanja online, pelanggan dapat dengan mudah membandingkan harga produk di berbagai platform e-commerce. Hal ini memungkinkan mereka mendapatkan harga terbaik dan menghemat uang mereka.
Belanja online memiliki beberapa keuntungan bagi pelanggan. Beberapa di antaranya adalah: Mengurangi keramaian di toko offline; Tidak memerlukan pertimbangan waktu dan biaya perjalanan; Dimungkinkan untuk memperoleh produk yang tidak tersedia di wilayahnya. Meskipun perbelanjaan online memiliki banyak manfaat, namun terdapat risiko dan kerugian yang harus diwaspadai oleh pelanggan. Beberapa risiko dan tantangan tersebut seperti penipuan online dan keamanan data pribadi, sulit memastikan keaslian kualitas dan keandalan produk. Meningkatnya belanja online juga memiliki dampak besar bagi ekonomi dan mengubah perilaku belanja masyarakat. Dengan demikian, penting bagi konsumen untuk mempertimbangkan dengan bijak metode belanja yang mereka pilih.