Mohon tunggu...
Nabila Sofia
Nabila Sofia Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Dreamies

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Dasar Perkembangan Kognitif

7 Oktober 2020   07:47 Diperbarui: 7 Oktober 2020   07:58 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Pasti beberapa dari kita pernah mendengar tentang istilah kognitif, namun tak banyak orang yang memahami apa arti kognitif yang sebenarmya. Sebelum membahas tentang Dasar Perkembangan Kognitif, alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa makna kognitif secara umum bukan?

Istilah kognitif merupakan kata yang dipakai dalam dunia pendidikan psikologi, artinya ialah tahapan-tahapan yang terjadi pada manusia dalam mengetahui,memahami sesuatu,memecahkan masalah dan menangkap informasi. atau lebih tepatnya adalah perkembangan kemampuan berpikir secara abstrak dan kemampuan berpikir secara deduktif-hipotetik. jadi kognitif merupakan istilah tentang proses perkembangan pada kehidupan manusia mulai kecil hingga dewasa. Lalu apa konsep yang mendasarinya? berikut akan kita kupas mengenai konsep dasar perkembangan kognitif ini.

Jean Piaget merupakan tokoh tersohor yang mengemukakan gagasan tentang teori perkembangan kognitif anak. Ia adalah ilmuwan dan filsuf yang hidup di Swiss pada tahun 1896-1980 yang memiliki pengaruh kuat dalam pembahasan kognitif anak ini. ia menggolongkoan dua sudut pandang yakni perkembangan kognitis secara kuantitatif dan perkembangan kogntif secara kualitatif.

1 Perkembangan Kognitif Kuantitatif

Menurut laman journal.peradaban.ac.id memaparkan bahwa deskripsi perkembangan kognitif secara kuantitatif dapat dikembangkan berdasarkan hasil pengukuran yang menggunakan instrumen tes intelgensi yang dilakukan secara longitudinal terhadap sekelompok subjek dari dan sampai usia tertentu (3-5 tahun sampai usia 30-35 tahun) seperti yang dikembangkan oleh Binet yang disempurnakan oleh Stanford (Stanford Revision Binet Test). 

2 Perkembangan Kognitif Kualitatif

Piaget mengatakan bahwa selama perkembangannya,manusia telah mengalami  perubahan pada cara pola pikir menjadi lebih terorganisasi dan tentunya memiliki perkembangan yang lebih baik dari dari pada hatap sebelumya. berikut beberapa kata kunci yang membahas tentang perkembangan kognitif Piaget yaitu,pola,asimilasi(penggabungan informasi),akomodasi(pola baru),operasi,struktur kognitif dan keseimbangan.

Pengetahuan guru pendidik atau orangtua tentang perkembangan kognitif ini dapat membantu anak dn membimbingnya untuk dapat menemukan konsep pemahamannya sendiri,mengetahui kemampuannya,dan mengajak anak untuk belajar berkolaborasi bersama dengan sesama dengan cara tetap mengawasi dan memperhatikan walaupun hanya detail kecil yang terjadi.

Berikut tahap-tahap perkembangan kognitif anak menurut Piaget:

-Tahap sensorimotor, ini terjadi pada anak berusia 0-2 tahun,tahap ini mengajarkan tentang anak yang mulai dapat berpikir dengan menggunakan inderanya dan juga pergerakan tubuhnya.

-Tahap pra operasinial,selanjutnya terjadi pada usia 2-7 tahun, pada tahap ini anak masih belum bisa berpikir secara logis. anak mulai menggunakan simbol-simbol untuk mengetahui dan memahami sesuatu yang terjadi di lingkungannya secara kognitif.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun