Mohon tunggu...
Nabila Rachman
Nabila Rachman Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hai, terima kasih sudah mengunjungi web ini

Semoga Bermanfaat:)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Teknik Evaluasi Pembelajaran di PAUD Anissa Sidoarjo

29 Desember 2021   20:39 Diperbarui: 29 Desember 2021   20:43 497
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan, didapatkan data bahwa di PAUD ANISSA Sidoarjo menggunakan teknik evaluasi pembelajaran seperti catatan anekdot, ceklis, dan hasil karya. Selain ketiga teknik penilaian tersebut, masih banyak catatan-catatan lain tentang keseharian anak saat berada di kelas. Hal inilah yang mendorong peneliti melakukan analisis teknik evaluasi pembelajaran yang terdapat di PAUD ANISSA Sidoarjo ini.

Penilaian pada pendidikan anak usia dini merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi berupa data untuk menentukan tingkat pencapaian perkembangan anak usia 0-6 tahun. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini yakni untuk mengetahui bagaimana teknik evaluasi pembelajaran yang dilakukan di PAUD ANISSA Sidoarjo dan apakah semua teknik-teknik yang dilakukan sudah sesuai dengan sistem penilaian PAUD.

Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif, dan objek pada penelitian ini yaitu teknik evaluasi pembelajaran di PAUD ANISSA. Untuk alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara.

Hasil penelitian didapatkan bahwa teknik evaluasi yang digunakan di PAUD ANISSA adalah catatan anekdot, ceklis, dan hasil karya. Digunakannya teknik catatan anekdot dinilai sangat efektif karena guru dapat menilai setiap perilaku yang nampak dan muncul dari peserta didik. 

Selain itu, penilaian hasil karya ini digunakan agar guru dapat mengetahui perkembangan sikap, pengetahuan, serta keterampilan anak dari tugas yang telah diberikan oleh guru kepada peserta didik. 

Kemudian, penggunaan teknik ceklis ini untuk menilai 6 aspek perkembangan anak seperti nilai agama dan moral, fisik motoik, kognitif, sosial emosional, bahasa, dan seni. 

Dari situ selanjutnya guru dapat menilai seberapa jauh perkembangan dari anak dengan menentukan BB (Belum Berkembang), MB (Mulai Berkembang), BSH (Berkembang Sesuai Harapan), dan BSB (Berkembang Sangat Baik). Biasanya untuk semester awal yang digunakan hanya BB (Belum Berkembang), dan MB (Mulai Berkembang) tetapi sekarang anak usia dini perkembangannya dari setiap anak berbeda-beda apalagi dilihat dari pola asuh yang tentu juga sangat berbeda ketika anak berada di rumah. 

Maka saat ini PAUD ANNISA menerapkan semua bentuk teknik penilaian ceklis mulai dari BB (Belum Berkembang), MB (Mulai Berkembang), BSH (Berkembang Sesuai Harapan), dan BSB (Berkembang Sangat Baik).

PAUD ANISSA ini menerapkan pembelajaran sentra jadi disini mereka memberlakukan setiap triwulan perform untuk anak-anak. Di setiap performnya guru pasti memberikan penjelasan kemudian melemparkan pertanyaan kepada peserta didik dengan cara menunjuk satu persatu lalu anak di minta untuk berdiri untuk menjawab pertanyaan. 

Jadi menimbulkan kesan wawancara yang menyenangkan untuk anak-anak. Selain itu, di PAUD ANISSA juga menerapkan penilaian lembar isian dan angket yang dimana pelaksanaannya setiap awal game atau permainan sebelum pembelajaran dimulai. 

Saat pembelajaran belum dimulai para pendidik di PAUD ANISSA pertama-tama membangun sosial emosional peserta didik dengan cara melingkar di hall yang terdapat di PAUD ANISSA baik kelompok PAUD, TK A, TK B usia 2-6 tahun, dan disitu mereka bernyanyi, menunjuk angka, dan bermain game. Pendidik di PAUD ANISSA ini diwajibkan untuk membuat 2 game yang nanti akan digunakan dalam sehari, kemudian peserta didik dapat memilih ingin memainkan game yang di inginkan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun