Dilansir dari McKinsey, email marketing masih menjadi salah satu strategi marketing yang masih banyak diminati oleh para pelaku bisnis. Hal tersebut dikarenakan para pelaku bisnis menilai email marketing merupakan salah satu cara yang paling efektif dalam membangun koneksi terhadap para pelanggan.
Selain itu, email marketing dinilai 40 kali lebih baik dibandingkan metode pemasaran lainnya. Namun untuk melakukannya, Anda membutuhkan strategi yang tepat dalam penerapannya. Oleh karena itu, berikut hal - hal dasar yang wajib Anda ketahui sebelum menerapkan email marketing!
Pengertian Email Marketing
Email marketing adalah salah satu strategi marketing banyak digunakan oleh pelaku bisnis karena segudang manfaat yang dimilikinya. Email marketing digunakan untuk memasarkan sebuah produk melalui pesan email.
Dengan begitu, pengertian email marketing merupakan strategi pemasaran yang dapat membantu Anda mempromosikan sebuah produk dan juga tetap berinteraksi dengan customer melalui pesan email. Dengan begitu, proses pemasaran yang dilakukan dapat tersampaikan dengan target pelanggan yang tepat dan juga bersifat personal.
Jenis - Jenis Email Marketing
Email marketing memiliki beberapa jenis yang berbeda yang bisa Anda gunakan untuk proses pemasaran, diantaranya:
Customer on boarding
Invitation email
Digest email
Newsletter
Kelebihan Email Marketing
Banyak para pelaku bisnis memilih menggunakan email marketing karena banyaknya manfaat yang didapatkan untuk mendatangkan keuntungan, seperti: