Branding merupakan salah satu strategi yang paling banyak digunakan oleh pebisnis untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan produk yang ditawarkan atau yang biasa disebut dengan brand awareness. Branding bertujuan agar produk sebuah bisnis dapat dikenal oleh banyak orang.
Maka dari itu, saat ini banyak para pelaku usaha berlomba - lomba untuk meningkatkan brand awareness dari produk yang mereka jual. Apabila marketing berfokus pada pemasaran suatu produk maka strategi branding berfokus agar produk yang dipasarkan dapat melekat di benak para konsumen.
Untuk penjelasan lebih lanjutnya, berikut adalah penjelasan rinci terkait strategi branding untuk tingkatkan pemasaran bisnismu!
Baca Juga:Â Kode Referral, Strategi Pemasaran Untuk Capai Tujuan Bisnis
Pengertian Branding
Istilah brand pertama kali dipopulerkan oleh masyarakat Inggris pada abad ke-19. Pada masa itu, masyarakat Inggris memberikan tanda pada hewan ternak mereka yang disebut juga sebagai brand.
Oleh sebab itu, brand dikenal sebagai tanda kepemilikan. Menurut Menurut American Marketing Association (AMA), brand adalah tanda dari sebuah usaha yang berbentuk nama, desain, simbol, atau karakteristik.
Dengan begitu, branding adalah sebuah kegiatan atau aktivitas pencitraan sebuah produk agar dapat terlihat menarik dan melekat di masyarakat atau yang biasa disebut juga dengan top of mind. Dengan kata lain, branding adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan perusahaan dengan konsumen yang menjadi sasaran.
Manfaat Branding
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa branding merupakan hal penting dalam menjalankan sebuah bisnis, khususnya di era digital seperti sekarang ini. Hal tersebut dikarenakan banyaknya manfaat yang dapat diberikan ke perusahaan dengan menerapkan strategi branding. Untuk itu, berikut manfaat branding yang harus Anda ketahui!
Pembeda atau tanda yang membedakan produk perusahaan dengan kompetitor
Peluang bagi seorang pelaku usaha untuk menciptakan inovasi baru dalam hal diferensiasi produk
Peluang sebuah perusahaan untuk menetapkan harga jual
Memberikan daya tarik bagi konsumen
memudahkan perusahaan mendapatkan loyalitas pelanggan
Menyampaikan nilai sebuah produk pada konsumen
Membuat dan menetapkan target market perusahaan
Membangun kredibilitas dan persepsi perusahaan di masyarakat
Unsur - Unsur Branding
Untuk memahami lebih lanjut terkait branding, berikut adalah unsur - unsur branding yang harus Anda perhatikan, diantaranya:
Logo
Nama
Merek
Tampilan Visual
Kata – Kata (Slogan, Tagline, Jingle, Akronim)
Baca Juga:Â 10+ Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan, Dijamin Cuan!
Jenis - Jenis Produk  Branding
Berdasarkan jenisnya, branding terbagi atas 5, diantaranya:
Product Branding
Jenis branding yang memberikan tanda pada sebuah produk untuk menarik minat beli masyarakat.
Personal Branding
Salah satu jenis branding yang bertujuan untuk membentuk persepsi masyarakat terkait aspek yang dimiliki oleh seseorang baik itu dalam bentuk ilmu, kepribadian, maupun kemampuan.
Corporate Branding
Jenis branding yang satu ini merupakan aktivitas perusahaan yang dilakukan untuk menciptakan citra yang baik pada konsumen maupun calon konsumen.
Geographical Branding
Salah satu bentuk pemasaran yang dilakukan untuk mempromosikan suatu tempat atau wilayah tertentu, misalnya Wonderful Indonesia.
Co-Branding
Berbeda dari jenis pemasaran sebelumnya, jenis ini merupakan kegiatan yang memasarkan sebuah produk kolaborasi antara perusahaan yang satu dengan perusahaan lainnya, misalnya Oreo & Supreme atau Uniqlo & BT21.
Kesimpulan
Branding adalah proses pengenalan produk kepada masyarakat untuk meningkatkan minat beli dan dapat mendatangkan keuntungan. Dengan begitu, proses penjualan dapat meningkat sehingga bisnis yang dijalankan mendapatkan keuntungan.
Oleh sebab itu, branding menjadi salah satu strategi jitu para pebisnis dalam meningkatkan dan mengembangkan sebuah bisnis. Selain itu, Anda juga dapat mengembangkan bisnis Anda menggunakan Aplikasi Kasir Online, Pawoon POS Indonesia. Pawoon POS Indonesia merupakan aplikasi kasir dengan beberapa fitur unggulan, seperti Aplikasi Kasir, Laporan & Analisis, Manajemen Operasional, dan juga beragam Integrasi yang dapat membuat Bisnis kamu jadi lebih mudah untuk dikelola.
Baca Juga:Â Intrapreneurship, Langkah Tepat Kembangkan Bisnis
Dengan pengelolaan bisnis secara online, para pebisnis atau pelaku usaha dapat menjalankan bisnis mereka kapan saja dan di mana saja yang tentunya lebih efisien. Hal telah terbukti dengan 230.000 UMKM Indonesia telah menggunakan Pawoon dalam meningkatkan bisnis mereka.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H