Kemajuan teknologi saat ini berkembang dengan sangat cepat, terutama dalam pengembangan aplikasi. Dalam proses tersebut, peran Antarmuka Pengguna (User Interface/UI) dan Pengalaman Pengguna (User Experience/UX) sangat penting.
Hal ini disebabkan oleh kebutuhan untuk menciptakan aplikasi yang tertata dengan baik, memiliki struktur yang terorganisasi, dan tentunya mudah digunakan oleh berbagai kalangan. Desain Antarmuka Pengguna dan Pengalaman Pengguna telah menjadi elemen krusial dalam pengembangan produk digital modern. Keduanya memiliki keterkaitan yang erat dan berpengaruh terhadap cara pengguna berinteraksi dengan aplikasi.
Saat ini, fokus pada UI/UX bukan hanya tentang estetika visual, tetapi juga tentang memastikan pengalaman belajar yang nyaman dan intuitif bagi siswa. Aplikasi edukasi "RuangGuru" bertujuan untuk menyediakan akses materi belajar yang lebih mudah dan menyenangkan.
Sebagai platform yang menawarkan berbagai kursus untuk pelajar dari berbagai tingkatan, “RuangGuru” ingin memastikan pengguna dapat menemukan materi yang mereka butuhkan dengan mudah, memahami konten secara efektif, serta memiliki kemampuan untuk mengelola perkembangan belajar mereka.
“RuangGuru” merupakan sebuah platform edukasi online yang menawarkan kursus-kursus berbasis video dan materi pelatihan kepada pelajar, profesional, dan pengajar.
Meski telah memiliki lebih dari satu juta pengguna terdaftar, "RuangGuru” menghadapi tantangan signifikan terkait retensi pengguna dan tingkat penyelesaian kursus yang rendah. Data menunjukkan bahwa 60% pengguna meninggalkan kursus setelah hanya dua hingga tiga sesi, sementara tingkat konversi ke akun berbayar juga menurun.
Dalam analisis ini, kita akan meninjau berbagai aspek dari User Interface (UI) dan User Experience (UX) aplikasi ini berdasarkan beberapa studi dan penelitian yang telah dilakukan.
Metode Pengukuran Usability
Salah satu metode yang digunakan untuk mengukur respons pengguna terhadap antarmuka aplikasi adalah System Usability Scale (SUS). Penelitian menunjukkan bahwa “RuangGuru” mendapatkan nilai SUS Score sebesar 65,6, yang menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki tingkat penerimaan marginal dalam hal aspek visual.
Penilaian ini mencakup beberapa kriteria usability menurut Nielsen, seperti Learnability, Efficiency, Memorability, Errors, dan Satisfaction.
Desain Antarmuka yang User-Friendly