Mohon tunggu...
Nabila Niswara
Nabila Niswara Mohon Tunggu... Editor - SMK Negri 7 Semarang

saya siswi kelas 12 SMK Negeri 7 Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Transformasi UI/UX pada Platfrom Edukasi Online Ruang Guru untuk Meningkatkan Retensi dan Keterlibatan Pengguna

26 November 2024   08:35 Diperbarui: 26 November 2024   08:42 92
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Kemajuan teknologi saat ini berkembang dengan sangat cepat, terutama dalam pengembangan aplikasi. Dalam proses tersebut, peran Antarmuka Pengguna (User Interface/UI) dan Pengalaman Pengguna (User Experience/UX) sangat penting. 

Hal ini disebabkan oleh kebutuhan untuk menciptakan aplikasi yang tertata dengan baik, memiliki struktur yang terorganisasi, dan tentunya mudah digunakan oleh berbagai kalangan. Desain Antarmuka Pengguna dan Pengalaman Pengguna telah menjadi elemen krusial dalam pengembangan produk digital modern. Keduanya memiliki keterkaitan yang erat dan berpengaruh terhadap cara pengguna berinteraksi dengan aplikasi.

Saat ini, fokus pada UI/UX bukan hanya tentang estetika visual, tetapi juga tentang memastikan pengalaman belajar yang nyaman dan intuitif bagi siswa. Aplikasi edukasi "RuangGuru" bertujuan untuk menyediakan akses materi belajar yang lebih mudah dan menyenangkan. 

Sebagai platform yang menawarkan berbagai kursus untuk pelajar dari berbagai tingkatan, “RuangGuru”  ingin memastikan pengguna dapat menemukan materi yang mereka butuhkan dengan mudah, memahami konten secara efektif, serta memiliki kemampuan untuk mengelola perkembangan belajar mereka.

“RuangGuru” merupakan sebuah platform edukasi online yang menawarkan kursus-kursus berbasis video dan materi pelatihan kepada pelajar, profesional, dan pengajar. 

Meski telah memiliki lebih dari satu juta pengguna terdaftar, "RuangGuru” menghadapi tantangan signifikan terkait retensi pengguna dan tingkat penyelesaian kursus yang rendah. Data menunjukkan bahwa 60% pengguna meninggalkan kursus setelah hanya dua hingga tiga sesi, sementara tingkat konversi ke akun berbayar juga menurun.

Dalam analisis ini, kita akan meninjau berbagai aspek dari User Interface (UI) dan User Experience (UX) aplikasi ini berdasarkan beberapa studi dan penelitian yang telah dilakukan.

Metode Pengukuran Usability

Salah satu metode yang digunakan untuk mengukur respons pengguna terhadap antarmuka aplikasi adalah System Usability Scale (SUS). Penelitian menunjukkan bahwa “RuangGuru” mendapatkan nilai SUS Score sebesar 65,6, yang menunjukkan bahwa aplikasi ini memiliki tingkat penerimaan marginal dalam hal aspek visual.

Penilaian ini mencakup beberapa kriteria usability menurut Nielsen, seperti Learnability, Efficiency, Memorability, Errors, dan Satisfaction.

Desain Antarmuka yang User-Friendly

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun