Mohon tunggu...
Nabila Husna
Nabila Husna Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Peran Psikologi Pendidikan dalam Mengatasi Bullying di Sekolah Dasar

22 November 2024   14:55 Diperbarui: 22 November 2024   14:58 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bullying di Sekolah Dasar merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi dunia pendidikan. Dampaknya tidak hanya dirasakan secara fisik, tetapi juga secara mental dan emosional, baik oleh korban maupun pelaku. Dalam konteks ini, psikologi pendidikan memiliki peran strategis untuk membantu mengatasi dan mencegah bullying di lingkungan sekolah.

Psikologi pendidikan berfokus pada cara memahami kebutuhan anak-anak di usia sekolah, termasuk mengenali perilaku yang menjadi indikasi awal terjadinya bullying. Guru dan tenaga pendidik yang memahami prinsip-prinsip psikologi pendidikan dapat lebih peka terhadap dinamika sosial di kelas. Mereka juga dapat menciptakan suasana belajar yang kondusif, mendukung keberagaman, serta menanamkan nilai-nilai toleransi dan empati. Pendekatan ini sangat penting untuk membangun hubungan yang sehat di antara siswa dan mencegah munculnya konflik atau perilaku merundung.

Selain itu, psikologi pendidikan juga berperan dalam merancang program intervensi. Misalnya, program konseling untuk membantu siswa korban bullying mengatasi rasa trauma, meningkatkan kepercayaan diri, dan memulihkan kesehatan emosional mereka. Di sisi lain, pelaku bullying juga perlu mendapatkan pendekatan khusus untuk memahami akar masalah yang menyebabkan perilaku agresif tersebut. Dalam hal ini, terapi atau pendampingan berbasis psikologi pendidikan dapat membantu pelaku mengubah sikap dan perilaku negatif menjadi lebih positif.

Tidak hanya untuk guru dan siswa, peran psikologi pendidikan juga penting bagi orang tua. Melalui edukasi yang tepat, orang tua dapat memahami pola asuh yang mendukung perkembangan emosional anak, sehingga mereka lebih siap menghadapi tekanan sosial di sekolah. Kolaborasi antara pihak sekolah, psikolog pendidikan, dan orang tua sangat diperlukan untuk menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan nyaman bagi semua siswa.

Dengan penerapan yang tepat, pendekatan berbasis psikologi pendidikan mampu menjadi solusi efektif dalam mengatasi bullying di Sekolah Dasar. Tidak hanya mengurangi kasus bullying, tetapi juga membangun budaya sekolah yang lebih harmonis dan mendukung perkembangan anak secara holistik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun