Jakarta - Mahasiswi Fakultas Ilmu Komunikasi Bidang Studi Digital Komunikasi Universitas Mercu Buana melaksanakan Tugas Akhir berupa pengabdian masyarakat secara langsung. Tim Tugas Akhir Peduli Negeri bekerja sama dengan melakukan pendampingan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Persamaan Kopi sesuai dengan bidang keilmuannya masing-masing. UMKM Persamaan Kopi berlokasi di Jl. Bang Pitung No.2, RT.1/RW.13, Grogol Utara, Kec. Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan.
Pada Tugas Akhir Peduli Negeri (TAPN) ini, tim TAPN mengusung tema "Pendampingan & Pengelolaan UMKM Persamaan Kopi dalam Meningkatkan Brand Awareness" yang dilaksanakan oleh tiga mahasiswi yaitu, Nabilah Rachmayanti (Digital Media Planner), Sephia Kurniawan (Content Creator), dan Nahdah Kamilah (Social Media Analyst). Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness suatu UMKM yang sudah berjalan dengan memiliki permasalahan, yaitu karena kurangnya branding dan promosi yang baik di Instagram.
Kegiatan ini berlangsung di UMKM Persamaan Kopi pada Jumat 15 Maret 2024. Fokus utama kegiatan ini adalah memberikan pendampingan dan pengelolaan kepada pelaku UMKM Persamaan Kopi, dalam memanfaatkan Instagram sebagai platform promosi yang efektif. Melalui kegiatan ini, UMKM Persamaan Kopi diharapkan dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam merencanakan konten, membuat konten yang menarik, dan menganalisis konten.
Pada kegiatan tersebut, masing-masing mahasiswi menyampaikan materi yang relevan dengan tema yang berbeda kepada Kak Chikal (barista Persamaan Kopi). Materi yang diberikan meliputi Perencanaan Konten yang Efektif oleh Nabilah Rachmayanti, Produksi Konten Kreatif di Media Sosial Instagram oleh Sephia Kurniawan, dan Meningkatkan Engagement Melalui Analisis Konten oleh Nahdah Kamilah. Selain itu, Tim TAPN memberikan pelatihan sebagai bentuk implementasi berdasarkan materi yang telah diberikan kepada pelaku UMKM Persamaan Kopi dengan harapan dapat berguna untuk kedepannya.
Nabilah Rachmayanti sebagai Digital Media Planner menekankan pentingnya memiliki rencana konten yang terstruktur dan terukur. Nabilah mengajarkan mengenai bagaimana menyusun kalender konten, menentukan tema-tema yang relevan, serta memilih waktu yang tepat untuk mengunggah konten di Instagram agar dapat menjangkau audiens yang lebih luas.
Sephia Kurniawan, sebagai Content Creator, mengajarkan tentang Produksi Konten Kreatif di Media Sosial Instagram. Sephia memberikan berbagai tips dan trik dalam menciptakan konten yang menarik secara visual, mulai dari pemilihan warna, desain grafis, hingga teknik pengambilan gambar yang dapat menarik perhatian pengguna Instagram.
Nahdah Kamilah, sebagai Social Media Analyst, menyampaikan materi mengenai Meningkatkan Engagement Melalui Analisis Konten. Nahdah menjelaskan cara-cara menganalisis performa konten yang telah diunggah di Instagram, menghitung engagement, dan bagaimana mencari hashtag yang sedang ramai dipakai berdasarkan kata kunci.
Setelah melakukan pendampingan, Tim TAPN melakukan banyak aktivitas promosi dengan pembuatan konten kreatif di media sosial Instagram. Tentunya UMKM Persamaan Kopi bersyukur atas pendampingan yang telah diberikan oleh Tim TAPN. Mas Anshari Nurshida selaku pemilik Persamaan Kopi berharap kegiatan yang dilakukan oleh tim TAPN dapat dilanjutkan dan lebih sering untuk melakukan promosi dengan konten yang menarik di Instagram. Melalui kegiatan ini, diharapkan UMKM Persamaan Kopi dapat semakin dikenal oleh masyarakat luas, terutama melalui platform media sosial.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H