Dalam pandangan umum sekolah merupakan lembaga pendidikan yang dapat mengubah tingkah laku siswa menjadi lebih baik dan lebih terarah, baik dilingkungan sekolah dan luar sekolah.
Lingkungan sekolah merupakan lingkungan sosial bagi siswa sebagai anggota masyarakat termasuk segala sesuatu yang menyangkup gejala yang menyangkut kegiatan belajar mengajar, oleh karena itu sosialisasi yang dilakukan siswa disekolah akan nampak dari partisipasi siswa dalam kegiatan sekolah.
Sosialisasi disertai pula dengan adanya hubungan interpersonal yang baik antara siswa dengan siswa, siswa dengan guru, siswa dengan pembimbing, dan siswa dengan personil.
Interaksi edukatif dapat diartikan sebagai suatu aktivitas relasi.
Interaksi edukatif menurut Shuyadi dan Abu Achmadi adalah "suatu hubungan antara pendidik(guru) dan anak didik yang berlangsung dalam ikatan pendidikan".
Dari beberapa pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian interaksi edukatif antara guru dan murid adalah suatu proses hubungan timbal balik yang sifatnya komunikatif, dilakukan dengan sengaja, direncanakan dan mempunyai tujuan tertentu.
Pernyataan Ki Hajar Dewantara dan Kahli Gibran menempatkan figur seorang guru harus menjadi teladan yang baik bagi orang lain, khususnya bagi perkembangan anak didiknya.
Sederhananya harus dipahami bahwa seorang guru terutama dari segi kepribadian dan keilmuan harus memiliki kualitas diri yang terukur sehingga dalam melaksakan kegiatan belajar mengajar dengan mudah dapat diterima oleh anak didik.
Guru harus menjadi trend center bagi perubahan prilaku, sikap dan pengetahuan anak didiknya. Peran guru disekolah sangat penting, yaitu :
- Guru sebagai orangtua kedua
- Guru sebagai tenaga profesional
- Guru bagian dari struktur sosial
- Guru sebagai orang yang Adhim
Aspek mengajar menjadi keharusan bagi seorang guru agar senantiasa dapat mentransformasi pengetahuannya kepada anak didik dengan sungguh sungguh guna memberikan perbaikan dan meningkatkan pengetahuan anak didik serta bermuara pada proses penumbuhan kesadaran akan potensi diri dan lingkungan.
NAMA PENULIS :