Mohon tunggu...
Nabila Kilka Ramadhan
Nabila Kilka Ramadhan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Al-Azhar Indonesia

MMahasiswa Universitas Al-Azhar Indonesia Program Studi Teknologi Pangan Angkatan 2020

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Kegiatan Praktik Kerja Lapang (PKL) di PT Indofood CBP Sukses Makmur TBK Tangerang

24 Oktober 2023   07:00 Diperbarui: 24 Oktober 2023   10:24 596
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumen Pribadi 2023

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu bentuk implementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di kampus dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu. Praktik Kerja Lapangan (PKL) diharapkan dapat menjadi salah satu sarana untuk memperoleh tambahan Knowledge, Skill dan Attitude yang lebih komprehensif sehingga terbentuk sumber daya manusia yang berkualitas, terampil, profesional, dan berwawasan luas. Praktik Kerja Lapangan bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar dapat mengaplikasikan ilmunya baik teori maupun praktik yang telah diperoleh saat sekolah/kuliah dalam praktik nyata di lapangan.

Saya Nabila Kilka Ramadhan mahasiswa semester 7 Program Studi Teknologi Pangan Universitas Al-Azhar Indonesia, akan menceritakan pengalaman PKL saya di PT. Indofood CBP Sukses Makmur TBK. Tangerang. PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. merupakan salah satu perusahaan mi instant dan makanan olahan terkemuka di Indonesia yang menjadi salah satu cabang perusahaan yang dimiliki oleh Salim Group. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. adalah perusahaan yang bergerak dibidang pengolahan makanan dan minuman. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. Divisi Noodle Pabrik Tangerang merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang industri mi instan. Produk yang dihasilkan antara lain: Indomie, Sarimi, Pop Mie, Mi Telur Cap 3 Ayam, Sakura dan Intermi.

Praktik Kerja Lapang (PKL) yang saya lakukan dimulai dari tanggal 1 Agustus 2023-1 September 2023 setiap Senin hingga Jumat. Bidang yang saya perdalam selama PKL yaitu Quality Control (QC) yang bertugas memantau serta menganalisis kualitas semua bahan baku, bahan setengah jadi dan produk jadi yang terdapat di pabrik dan pasar sehingga proses pengendalian mutu dapat menjamin kelancaran dan kelangsungan aktivitas perusahaan.

Selama 1 bulan menjalankan PKL, saya ditugaskan untuk membantu dalam melakukan pemeriksaan terhadap bahan baku, bahan setengah jadi, dan produk jadi. Selain itu, saya juga memiliki tugas khusus yaitu menganalisis terkait dengan optimasi penambahan air pada kadar air adonan mi dan blok mi. Terdapat beberapa tahapan yang saya lakukan dalam menganalisis terkait dengan optimasi penambahan air pada kadar air adonan dan blok mi. Tahapan awal yaitu melakukan riset terhadap data kadar air adonan mi dan blok mi pada setiap jalur (line) pembiatan mie. Setelah itu, melakukan pengambilan sampel dengan adanya penambahan air kemudian dianalisis kadar airnya dan data yang didapatkan diolah. Tahapan terakhir yaitu melakukan pengambilan sampel kembali dengan jalur penggorengan yang berbeda agar hasil kadar air adonan dan blok mi yang dianalisis dapat terlihat lebih signifikan untuk perbedaannya.

 

Melalui kegiatan PKL yang telah saya lakukan dapat dapat menambah wawasan terhadap dunia kerja khusunya di bagian Quality Control (QC) serta dapat menambah pengalaman yang sangat berharga sehingga saya dapat mempelajari hal-hal yang sebelumnya belum pernah saya didapatkan di bangku perkuliahan. Lingkungan kerja tempat saya melakukan PKL sangat menyenangkan sehingga membuat saya merasa nyaman. Maka dari itu, saya merasa sangat senang dan bersyukur untuk mendapatkan kesempatan magang di perusahaan ini. 

Saya sangat berterima kasih kepada pihak PT. Indofood CBP Sukses Makmur TBK. Tangerang khusunya bagian Quality Control yang telah memberikan kesempatan untuk saya dapat belajar dan bekerja di PT. Indofood CBP Sukses Makmur TBK. Tangerang. Hal ini berkat mentor saya dan para jajarannya yang sabar memberikan arahan yang berguna bagi saya dan memberikan ilmu kepada saya selaku mahasiswa PKL. Saya harap artikel ini dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi terhadap teman-teman yang ingin mendapatkan pengalaman dan wawasan terjait dunia kerja di PT. Indofood CBP Sukses Makmur TBK. Tangerang.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun