Mohon tunggu...
Nabila SalwaKamal
Nabila SalwaKamal Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prodi Manajemen Universitas Swadaya Gunung Jati

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Perjalanan Aroma: Kopiko Permen yang Menciptakan Sensasi Global

22 Januari 2024   13:26 Diperbarui: 22 Januari 2024   13:58 535
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Minuman kopi sudah tidak asing lagi di telinga kita, tentunya kopi sudah menjadi bagian dari konsumsi masyarakat Indonesia. Tren konsumsi kopi meningkat drastis selama satu dasawarsa terakhir. Meningkatnya konsumsi kopi dapat dilihat dari banyaknya warkop sampai cafe modern yang menyediakan kopi dengan berbagai cita rasa yang khas. Kopi dapat dinikmati dari berbagai kalangan mulai dari generasi tua hingga generasi muda. Hal inilah yang membuat kopi sangat lekat dengan kehidupan masyarakat Indonesia.

Indonesia sendiri merupakan salah satu penghasil kopi terbesar di dunia setelah Brazil dan Vietnam. Penikmat kopi tidak hanya populer di Indonesia, namun sudah menjadi gaya hidup di dunia. Faktanya, tidak semua orang dapat mengkonsumsi kopi di tengah-tengah aktivitas dikarenakan kesibukan dan keterbatasan waktu.

PT Mayora Indah TBK memanfaatkan peluang tersebut dengan melakukan inovasi kopi dalam bentuk kembang gula. PT Mayora Indah TBK, memperkenalkan produk kopiko pada tahun 1980-an dan menjadi permen kopi pertama yang cukup populer di Indonesia. Permen kopiko tidak hanya memberikan rasa yang nikmat, namun juga memberikan manfaat kesehatan. Dengan inovasi produk yang lebih praktis dan varian rasa yang unik, kopiko dapat menjadi pilihan bagi konsumen penggemar kopi. PT Mayora Indah TBK telah meraih kesuksesan dengan menjadi salah satu merek permen kopi yang terkenal di pasar global. PT Mayora Indah TBK telah mengekspor Kopiko ke 50 negara di berbagai penjuru dunia dan berhasil meraih popularitas dan kepercayaan konsumen.

Kesuksesan ekspansi permen kopiko tak lepas dari kinerja pemasaran dalam mempromosikan produknya dengan menggunakan STP (Segmenting, Potitioning, dan Targeting). Menurut Basu Swastha Dharmmesta dan T. Hani Handoko; segmentasi pasar adalah membagi pasar menjadi segmen-segmen pasar tertentu yang dijadikan sasaran penjualan yang akan dicapai dengan marketing mix tertentu. Sasaran penjualan permen kopiko yaitu kepada masyarakat di seluruh dunia dengan cita rasa yang bisa diterima oleh semua kalangan laki-laki atau perempuan dewasa. Karenanya, permen kopiko banyak dijumpai di berbagai toko online maupun offline untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan dua varian permen kopiko tersebut, yaitu rasa cofee dan cappuccino. Pada sisi targeting, permen kopiko terus mengembangkan produknya agar disukai oleh kalangan masyarakat dan terus memperluas pangsa pasar terlebih lagi kepada negara yang yang kekurangan pasokan kopi. Sedangkan dari sisi positioning, permen kopiko memiliki atribut produk yang mudah diingat masyarakat dan harga yang sangat terjangkau.

Sebagai merek permen kopi yang sudah dikenal luas, Kopiko telah menerapkan sejumlah strategi yang berhasil merebut hati konsumen di pasar global. Salah satu strategi utama mereka adalah inovasi produk yang berkelanjutan. Kopiko terus berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan untuk menciptakan variasi rasa baru dan unik yang  memenuhi beragam selera pelanggannya. Dengan menawarkan produk yang beragam, Kopiko tidak hanya mampu memenuhi selera konsumen yang berbeda-beda, namun juga berhasil menarik perhatian khalayak baru.

Selain itu, Kopiko memiliki pendekatan pemasaran yang kuat, terutama dalam hal branding dan kampanye periklanan. Perusahaan mampu menyampaikan citra merek yang kuat melalui periklanan yang kreatif dan efektif, menonjolkan keunggulan produk  seperti rasa kopi yang autentik dan kemudahan penggunaan. Dengan berfokus pada pemasaran yang cerdas dan membangun hubungan emosional dengan pelanggan, Kopiko mampu mempertahankan loyalitas konsumen dan menarik perhatian pasar baru, menjadikan merek tersebut sebagai pemain utama dalam industri permen kopi. Bukan hanya itu saja, kopiko memiliki unsur heritage yang kuat yang mana hal ini mampu membuat ikatan emosional di hati konsumen sehingga dapat bertahan di top of mind konsumen sampai saat ini.

Kunci kesuksesan PT. Mayora Indah Tbk, tidak lepas dari berbagai strategi yang dilakukan organisasi dalam merumuskan strategi Bisnis mulai memasarkan,melayani pelanggan serta menghadapi pesaing. Melalui beberapa sumber informasi diatas,dapat kita ketahui beberapa poin penting mengenai kunci kesuksesan Kopiko dalam menguasai Internasional Market.

1. Kopiko tetap menjadi merek pionir dengan mempertahankan cita rasa kopi asli dari dulu hingga saat ini, sehingga Kopiko dapat mempertahankan pelanggan setianya.

2. Kopiko memiliki keunggulan dari segi teknologi, tim penelitian dan pengembangan (R&D) serta distributor yang kuat.

3. Kopiko selalu konsisten melakukan pemasaran  "below the line" maupun "above the line", sebagai strategi untuk menjadikan brand Kopiko menjadi nomor satu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun