Mohon tunggu...
Nabiila Zuhroh
Nabiila Zuhroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

KKN UNDIP TIM II

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UNDIP: Edukasi Pelaku UMKM Melakukan Pemasaran Berbasis Psikologi Konsumen dan Merketing

13 Agustus 2022   12:36 Diperbarui: 13 Agustus 2022   13:08 216
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Sukoharjo (2/8/22) - Kompetisi antar pelaku UMKM semakin tinggi setelah perlahan pulih dari dampak PPKM dan lockdown dan meningkatnya harga bahan pokok di pasaran, hal tersebut membuat para pelaku UMKM harus mencari cara untuk meningkatkan penjualannya. Dengan inovasi baru dan kreatifitas yang unggul, penjualan dapat diupayakan agar semakin maksimal. 

Di Desa Kemasan, terdapat banyak UMKM yang memproduksi atau menjual bermacam produk, seperti contohnya minuman dawet, usaha catering, getuk crispy dan masih banyak lagi. Untuk membantu meningkatkan penjualannya, tentunya dibutuhkan marketing atau exposure yang baik dari sebuah toko dan produknya tersebut, sehingga pelanggan akan dengan mudah mengidentifikasi toko tertentu apabila sedang membutuhkan suatu produk. Berbagai cara dan strategi dapat dilakukan demi menunjang pengembangan UMKM, salah satunya adalah menggunakan strategi marketing berbasis psikologi konsumen dan marketing yang mempertimbangkan psikologis konsumen dan motif pembelian pelanggan dalam proses pemasaran.

(Dokpri)
(Dokpri)
Contoh strategi diatas telah dijelaskan Mahasiswi KKN UNDIP, dengan melakukan edukasi mengenai pemasaran berbasis psikologi konsumen dan marketing yang nantinya dapat diterapkan pada usaha setiap pelaku UMKM di Desa Kemasan, Polokarto, Sukoharjo  yang dilaksanakan pada tanggal 28, 29 Juli, dan 2 agustus 2022 dengan memaparkan materi kepada pelaku UMKM di Desa Kemasan secara door-to-door mengenai branding warna, prinsip psikologi marketing, teknik marketing dan lain sebagainya dengan menggunakan bantuan leaflet yang didesign se menarik mungkin. 

(Dokpri)
(Dokpri)

Pelaku UMKM yang mendapatkan materi dan edukasi mengenai pemasaran berbasis psikologi konsumen dan marketing menjadi lebih paham dan mengerti tentang arti dari setiap warna, tata cara menarik perhatian pelanggan dan mendapatkan exposure yang lebih banyak. Harapan dari pelaksanaan program ini, Para pelaku UMKM dapat mengaplikasikan pemasaran dengan basis psikologi konsumen dan marketing untuk pengembangan usahanya. 

Penulis : Nabiila Zuhroh Kusmaghribi

DPL : Dr. IR. Suzanna Ratih Sari, MM,MA

Lokasi : Desa Kemasan, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun