Mohon tunggu...
Nabiila Rahma Fauziah
Nabiila Rahma Fauziah Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa/UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Mengenal Teori Belajar: Kognitif, Konstruktivisme, Metakognitif, dan Perkembangan Berpikir Anak

27 Oktober 2024   07:48 Diperbarui: 27 Oktober 2024   07:54 47
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

1. Teori Belajar Kognitif

  • Fokus Utama:  

  Teori ini melihat bagaimana kita berpikir, mengerti, dan mengolah informasi yang kita terima.

  • Prinsip Dasar:

  Belajar adalah proses aktif di mana kita membuat pemahaman sendiri lewat pengalaman dan interaksi.

  • Para Tokoh:

  Teori ini dikembangkan oleh tokoh-tokoh seperti Wundt, Lewin, Piaget, dan Bruner.

  • Penerapan dalam Kelas:

  Guru sebaiknya menciptakan lingkungan yang membuat siswa berpikir kritis, mengajak mereka menemukan jawaban sendiri, dan memahami ide-ide yang lebih abstrak.

2. Konstruktivisme

  • Fokus Utama:

  Siswa berperan aktif dalam membentuk pemahaman mereka sendiri dengan cara berinteraksi dengan lingkungan dan orang lain.

  • Prinsip Dasar:

  Pengetahuan itu tidak sekadar diberikan, tapi dibangun oleh siswa sendiri lewat pengalaman dan interaksi.

  • Tokoh:

  Teori ini dikenal lewat pemikiran Vygotsky.

  • Penerapan dalam Kelas:

  Guru berperan sebagai fasilitator, mendorong kerja sama antar siswa, dan menciptakan suasana belajar yang suportif.

3. Metakognitif

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun