1. Teori Belajar Kognitif
- Fokus Utama: Â
 Teori ini melihat bagaimana kita berpikir, mengerti, dan mengolah informasi yang kita terima.
- Prinsip Dasar:
 Belajar adalah proses aktif di mana kita membuat pemahaman sendiri lewat pengalaman dan interaksi.
- Para Tokoh:
 Teori ini dikembangkan oleh tokoh-tokoh seperti Wundt, Lewin, Piaget, dan Bruner.
- Penerapan dalam Kelas:
 Guru sebaiknya menciptakan lingkungan yang membuat siswa berpikir kritis, mengajak mereka menemukan jawaban sendiri, dan memahami ide-ide yang lebih abstrak.
2. Konstruktivisme
- Fokus Utama:
 Siswa berperan aktif dalam membentuk pemahaman mereka sendiri dengan cara berinteraksi dengan lingkungan dan orang lain.
- Prinsip Dasar:
 Pengetahuan itu tidak sekadar diberikan, tapi dibangun oleh siswa sendiri lewat pengalaman dan interaksi.
- Tokoh:
 Teori ini dikenal lewat pemikiran Vygotsky.
- Penerapan dalam Kelas:
 Guru berperan sebagai fasilitator, mendorong kerja sama antar siswa, dan menciptakan suasana belajar yang suportif.
3. Metakognitif