Mohon tunggu...
NABHAN FADLANMUKHOYYAR
NABHAN FADLANMUKHOYYAR Mohon Tunggu... Mahasiswa - MAHASISWA

Mahasiswa Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pendekatan Proses Belajar dan Pembelajaran

11 Juli 2023   19:56 Diperbarui: 11 Juli 2023   20:38 236
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendekatan proses belajar dan pembelajaran adalah ide atau prinsip cara memandang dalam menentukan kegiatan pembelajaran. Pernyataan tersebut semada dengan Rusman yang berpendapat bahwa pendekatan pembelajaran adalah tahap pertama pembentukan suatu ide dalam memandang dan menentukan objek kajian (Rusman, 2018)

Berbeda dengan metode pembelajaran yang telah menentukan langkah model pembelajaran yang memiliki kerangka konseptual, pendekatan pembelajaran itu lebih luas. Artinya, pendekatan merupakan landasan berfikir atau filosofi dalam menentukan pembelajaran.

Maka dapat disimpulkan pendekatan proses belajar dan pembelajaran adalah prinsip atau landasan sudut pandang seorang pendidik dalam memahami dan menentukan kegiatan belajar mengajar secara umum. Peserta didik perlu dilibatkan secara aktif dalam memperoleh pengetahuan.

Pendekatan dalam proses pembelajaran secara garis besar dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu: teacher centered (bepusat kepada guru) dan student centered (berpusat pada siswa).

Pendekatan pembelajaran juga bisa diartikan sebagai jalan yang akan ditempuh oleh guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pendekatan pembelajaran juga merupakan aktivitas guru dalam memilih kegiatan pembelajaran. Yakni sistem untuk memudahkan pelaksanaan proses pembelajaran dan membelajarkan siswa untuk membantu dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan.

Pendekatan proses belajar dan pembelajaran menurut Gulo adalah sudut pandang seseorang dalam memandang seluruh masalah yang ada dalam kegiatan belajar mengajar. Sudut pandang tersebut menggambarkan cara berfikir dan bersikap seorang pendidik dalam menyelesaikan persoalan yang di hadapi pada kegiatan pembelajaran. Sedangkan Sanjaya berpendapat bahwa pendekatan pembelajaran dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. (Suprihatiningrum, 2013)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun