Mohon tunggu...
nabaafabio
nabaafabio Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Institut Bisnis Muhammadiyah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Manajemen Waktu,Pengertian,Fungsi dan Hambatan

16 Januari 2025   10:15 Diperbarui: 16 Januari 2025   10:14 42
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://images.app.goo.gl/tjR3YgEs7Fo2yDhb9

Pengertian Manajemen Waktu

  Therese Hoff Macan mendefinisikan manajemen waktu sebagai pengatutan diri dalam menyikapi waktu se-efektif dan se-efesien mungkin dalam melakukan perencanaan, penjadwalan, kontrol atas waktu, dan membuat skala prioritas berdasarkan kepentingannya, serta keinginan yang teroganisasi yang dapat dilihat dari perilaku seperti mengatur tempat kerja dan tidak melakukan penundaan pekerjaan (Macan et al., 1990). Manajemen waktu merupakan perencanaan, pengorganisasian, pengetatan dan pengawasan produktifitas waktu.Waktu menjadi salah satu sumber daya kerja yang mesti dikelola secara efektif dan efisien.Efektifitas terlihat dari tercapainya tujuan menggunakan waktu yang telah ditetapkan sebelumnya. Masih belum ada persetujuan mengenai definisi manajemen waktu pada beberapa penelitian sebelumnya. Namun, kebanyakan penulis mengacu pada pendapat Lakein, yang mendefinisikan bahwa manajemen waktu melibatkan proses menentukan kebutuhan (determining needs), menetapkan tujuan untuk mencapai suatu kebutuhan (goal settings), memprioritaskan, dan merencanakan (planning) tugas yang diperlukan untuk mencapai tujuan.Pendapat lainnya menurut Widya (2004) mengatakan bahwa suatu kemampuan memperioritaskan, menjadwalkan, melaksanakan tanggung jawab individu demi kepuasan individu tersebut. Hal ini menjelaskan bahwa dalam menjadwalkan harus ada yang diperioritaskan berdasarkan tingkatan kebutuhan. Dari penjelasan tersebut dapat disimpulkan bahwa manajemen waktu adalah kemampuan seseorang dalam mengendalikan waktu dengan menjadwalkan dan memperioritaskan sehingga tercapai secara efektif dan efisien.

https://images.app.goo.gl/2RZdRSLNsVY316u76Input Keterangan & Sumber Gambar (Contoh: Foto Langit Malam (Sumber: Freepik/Kredit Foto))
https://images.app.goo.gl/2RZdRSLNsVY316u76Input Keterangan & Sumber Gambar (Contoh: Foto Langit Malam (Sumber: Freepik/Kredit Foto))

Fungsi Manajemen Waktu

    Fungsi Manajemen Waktu Manajemen waktu memiliki fungsi dalam mencapai hasil kerja yang efektif dan efisien. Adapun fungsi-fungsi manajemen adalah sebagai berikut:

1.  Perencanaan Waktu Perencanaan adalah suatu proses penetapan sasaran yang ingin dicapai . Dalam artian ini bahwa perencanaan waktu yang dimaksud adalah penentuan waktu yang tepat agar sesuai dan tepat dengan tujuan yang direncanakan berkaitan dengan waktu, maka rencana membuat jadwal bisa harian, mingguan dan bulanan. Ciri-ciri perencanaan waktu, yaitu:

  •  Jelas, mengidentifikasi pekerjaan dengan jelas dengan menentukan jadwal harian, mingguan ataupun bulanan sehinggaa memperjelas pekerjaan yang diembannya.
  • Realistis, dalam membuat jadwal haruslah berdasarkan pemikiran, janganlah memaksakan diri menyelesaikan pekerjaan yang selanjutnya karena akan membuat kita terkekang dengan jadwal yang telah kita buat sendiri.
  •  Fleksibel, jadwal yang telah kita buat hendaknya bisa kita ubah sewaktu-waktu sesuai dengan situasi dan kondisi yang terjadi.
  • Berkesinambungan, perencanaan jadwal berjalan terus menerus atau berhenti pada periode tertentu.

2.  Pengorganisasian Waktu Pengorganisasian merupakan kegiatan pengaturan secara terstruktur kepada setiap idividu atau kelompok sehingga apa yang direncanakan dapat terlaksana dengan baik. Dengan demikian, pengorganisasian waktu adalah kegiatan mengidentifikasi, mengelompokan, menganalisis kegiatan dan mengelola waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

3. Pengkoordinasian Waktu Pengkoordinasian adalah mengarahkan diri sendiri atau orang lain agar mau bekerja sesuai dengan apa yang telah direncanakan secara efektif dan efisien. Sedangkan pengkoordinasian waktu adalah menyelaraskan kegiatan agar kegiatan dapat tercapai secara efektif dan efisien sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan .

4. Pengawasan Waktu Pengawasan adalah kegiatan untuk memastikan apakah semua berjalan dengan apa yang direncakakan. Sedangkan pengawasan waktu adalah kegiatan menyesuaikan jadwal kegiatan dengan yang telah direncakan sebelumnya.


Hambatan-hambatan Dalam Manajemen Waktu

Menurut Herawati (dalam modulnya 2008:3) menjelaskan bahwa ada beberapa hambatan-hambatan bagi seorang individu dalam memanajemen waktunya diantaranya:

  • Mendahulukan pekerjaan yang dicintainya, baru kemudian mengerjakan pekerjaan yang kurang diminatinya.
  • Mendahulukan pekerjaan yang mudah sebelum mengerjakan pekerjaan yang sulit.
  • Mendahulukan pekerjaan yang cepat penyelesaiannya, sebelum menyelesaikan pekerjaan yang membutuhkan waktu yang lama.
  • Mendahulukan pekerjaan darurat/mendesak, sebelum menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan yang penting.
  • Melakukan aktivitas yang mendekatkan mereka pada tujuan atau mendatangkan kemaslahatan bagi diri mereka. 6.
  • Menunggu batas waktu (mepet) untuk menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya.
  • Skala prioritas disusun tidak berdasarkan kepentingannya, tetapi berdasarkan urutan.
  • Terperangkap pada tuntutan yang mendesak dan memaksa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun