Mohon tunggu...
naa risna
naa risna Mohon Tunggu... Mahasiswa - Umum

Lakukan Hal yang bermanfaat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Konteks Manajemen Komunikasi

20 Januari 2022   16:48 Diperbarui: 20 Januari 2022   16:55 494
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Manusia adalah makhluk sosial, dimana manusia tidak akan bisa hidup sendiri dan tentunya akan selalu melakukan segala aktivitas yang berhubungan dengan orang-orang sekitarnya. Tentu disini manusia dalam keseharian nya akan selalu melakukan aktivitas komunikasi dengan orang lain, baik dalam bentuk verbal maupun non verbal. 

Dalam melakukan aktivitas komunikasi kita perlu memahami etika dan tata cara berkomunikasi dengan baik guna menghindari konflik dan pesan yang akan disampaikan pun bisa diterima dengan baik dan jelas oleh lawan bicara kita.  Nah dalam Manajemen Komunikasi kita akan belajar mengelola proses komunikasi secara baik, mulai dari proses perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, serta pengontrolan unsur komunikasi guna meraih suatu tujuan yang sebelum nya sudah ditetapkan.  

Jika kita Sudah memahami apa itu manajemen komunikasi, maka maka tercipta koordinasi yang tidak slaing tumpang tindih dan dapat memberikan solusi jika terjadi perbedaan pendapat. Terutama bagi kita yang bekerja atau yang sering melakukan komunikasi dengan beberapa orang di lingkungan kerja kita, konsep dasar manajemen komunikasi snagat diperlukan untuk mengarahkan kita pada pencapaian tujuan organisasi yang diharapkan. Selain mencapai tujuan komunikasi yang baik,di dalam mempelajari manjemen komunikasi, terdapat beberapa Konteks Manajemen, diantaranya : 

Konteks intrapersonal merupakan proses awal komunikasi yang terfokus pada mengamati, mendengar, membaca, berpikir dan mencari inspirasi, berikutnya Konteks interpersonal yaitu proses tang melibatkan orang lain melalui sharing, memberi umpan balik, dan memelihara hubungan sosial, kemudian ada konteks organisasi dimana proses komunikasi terjadi di lingkungan organisasi yg lebih bersifat formal, yang yerakhir ada teknologi komunikasi yang mana sangat berperan dalam terjadi proses komunikasi atau bisa disebut perangkat yang digunakan dalam berkomunikasi seeprti telepon, radio, dll. Jadi dalam berkomunikasi penting bagi seseorang untuk memahami proses pengelolaan sumberdaya komunikasi guna untuk meningkatkan kwalitas dan efektifitas pertukaran pesan yang terjadi dalam berbagai konteks komunikasi

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun