Mohon tunggu...
Afifah Mazaya
Afifah Mazaya Mohon Tunggu... Koki - Blogger

Environmental enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

Investasi Itu Bernama Blog

30 Maret 2020   08:39 Diperbarui: 30 Maret 2020   08:42 143
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Blog adalah investasi. Kalau melihat kata "investasi", mungkin yang kita bayangkan adalah harta. Nggak bisa dipungkiri, blog juga bisa menjadi sumber harta.

Menulis review. Bisa dibayar.

Pasang banner iklan. Bisa terkumpul kerincing dollar.

Namun, berbeda dengan investasi materi lainnya, blog lebih dari sekadar harta. Investasi dalam blog dapat berupa ilmu. 

Gambar dan template dari Canva
Gambar dan template dari Canva

Kita menulis blog, berbagi ilmu. Kalau ilmu itu bermanfaat, barangkali bisa menjadi amal. Karena itu, sebelum menulis, blogger juga membutuhkan ilmu. Dan, tulisan yang ditayangkan perlu disaring sedemikian rupa. Tulisan dapat menjadi amal baik maupun amal buruk, 'kan?

Saya terbilang picky dalam mengambil suatu tawaran menulis/menayangkan blog. Biar sajalah. Toh, apalah artinya uang, 'kan? 

Misalnya, hari ini, bisa saja saya menerima suatu tawaran. Bayarannya besar. Namun, siapa yang menjamin saya bisa menikmati bayaran itu? Siapa yang menjamin besok saya masih ada di dunia? Sayangnya, tulisan sudah tayang, sudah dibaca orang, mungkin sudah dicatat sebagai amal, entah amal baik atau buruk. 

Karena itu, saya lebih memilih menjadi picky supaya blog bisa menjadi investasi amal baik.

Saya juga belum yakin semua yang sudah saya tayangkan 100% menjadi investasi amal baik. Namun, semoga saja demikian.

Gambar dan template dari Canva
Gambar dan template dari Canva

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun