Mohon tunggu...
Muhammad Yusuf N R P W
Muhammad Yusuf N R P W Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Manajemen Pemasaran Pariwisata (MPP), Fakultas FPIPS, Universitas Pendidikan Indonesia. Mata Kuliah : Komunikasi Pemasaran Terpadu. Dosen Pengampu : Rijal Khaerani, S.Si.,M.Stat.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Sosial Media Menjadi Sarana Promosi yang Gratis dan Ampuh

22 Agustus 2023   21:29 Diperbarui: 22 Agustus 2023   22:00 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Karya Penulis

Perkembangan teknologi yang terus meningkat memiliki dampak yang sangat bermanfaat bagi manusia. Salah satu yang paling terlihat dengan bekembangnya teknologi saat ini adalah beragamnya cara manusia untuk berkomunikasi satu sama lain, bahkan dengan jarak yang sangat jauh sekalipun dengan syarat mereka harus memiliki internet. Sosial media adalah bukti nyata dimana kemajuan teknologi dapat memfasilitasi kebutuhan manusia dalam segi komukasi. Sosial media sekarang menjadi hal yang selalu berada disekitar kita dan menjadi sarana atau wadah untuk berinteraksi dan berbagi berbagai kegiatan dengan tujuan yang berbeda-beda disetiap penggunanya. Tujuan dari penggunaan sosial media dapat dilihat dari apa yang mereka bagikan dalam akun sosial medianya, tidak sedikit tujuan dari penggunaan sosial media dimasa sekarang adalah untuk menghasilkan uang atau berbisnis.

Dengan luasnya target pasar yang ada di dalam sosial media menjadikannya sarana yang sangat menguntungkan  bagi pelaku bisnis untuk melakukan promosi didalamnya dikarenakan sosial media ini dapat dibilang lebih "murah" atau bahkan gratis dibandingkan dengan sarana promosi yang lainnya. "Viral" adalah keaadan dimana sebuah konten yang dibuat atau dibagikan oleh pengguna sosial media mendapatkan perhatian yang banyak dari pengguna sosial media lainnya. Dengan begitu, viral merupakan hal yang dicari dan diinginkan oleh hampir semua kalangan masyarakat yang menggunakan sosial media, terutama yang memiliki tujuan untuk menghasilkan uang atau berbisnis. Pelaku bisnis dapat memperkenalkan produk atau jasa yang mereka miliki di sosial media dengan jangkauan yang sangat luas. Pelaku bisnis pasti ingin untuk mengeluarkan modal yang sekecil-kecilnya dan meraup keuntungan yang sebesar-besarnya. Nah, sosial media menjadi salah satu cara untuk memangkas modal yang dikeluarkan oleh pelaku bisnis untuk melakukan promosi dengan tujuan memperkenalkan dan juga menjual produk atau jasa yang dimiliki, maka pelaku bisnis harus berusaha untuk membuat konten yang diharapkan bisa viral agar mendapatkan jangkauan dan perhatian dari masyarakat khususnya pengguna sosial media. Nah tunggu apa lagi? Ayo manfaatkan sosial media sebaik mungkin untuk tujuan yang positif!

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun