Mohon tunggu...
myusuf298
myusuf298 Mohon Tunggu... Administrasi - semangat berbagi

hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Money

Pertarungan e-Money Bakal Mengerikan

28 Juli 2011   06:00 Diperbarui: 26 Juni 2015   03:18 931
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

 Pada Rabu (27/7/11) di Gran Mall Bekasi, Direktur Utama PT Telkom, Rinaldi Firmansyah meluncurkan produk baru dari Telkom dengan merk dagang Delima. Tidak tanggung-tanggung, Rinaldi didampingi oleh tiga direktur yang lain, yaitu I Nyoman G Wirnayata selaku Direktur Konsumer, Indra Utoyo selaku Direktur IT & Supply, dan Arief Yahya selaku Direktur Enterprise dan Wholesale. Kehadiran empat direktur pada sebuah seremoni di mall kecil tentu menjadi pemandangan yang cukup langka dan menarik. Kelangkaan ini dapat diartikan sebagai suatu keseriusan PT Telkom memasuki ladang bisnis baru, e-Money.

 

Delima adalah produk baru dari Telkom yang merupakan layanan pengiriman uang (remittance) dengan memanfaatkan keunggulan teknologi ponsel. Dengan Delima, masyarakat dapat mengirimkan uang kepada temannya di mana pun berada hanya dengan sebuah ponsel, tentu saja jika ponsel tersebut sudah diisi dengan sejumlah deposit. Pengisian deposit dapat dilakukan di seluruh Plasa Telkom atau outlet yang berlogo Delima. Penerima uang dapat mengambil uang kiriman di seluruh Plasa Telkom atau outlet yang berlogo Delima.

 

Industri e-Money atau mobile wallet merupakan industri yang sedang ramai dikembangkan, tidak hanya di Indonesia namun juga di dunia. Di Indonesia telah ada 11 penyelenggara e-Money, diantaranya adalah Indosat dengan nama Dompetku, dan XL dengan nama XL Tunai. Mungkin karena terlalu semangat, Telkom Group bahkan telah mengenalkan empat merk, yaitu Delima, Flexi-Cash dan dua lainnya dikembangkan anak perusahaan, yaitu t-Cash oleh Telkomsel dan Mobile Cash oleh PT Finnet. Saat ini sudah lebih dari 27 negara yang menawarkan layanan ini, antara lain MPESA di Kenya, Globe di Philipina, Zoompass di Kanada, dan Safaricom di UK.

 

Selain fitur pengiriman uang melaui ponsel, bisnis e-Money dipastikan bakal berkembang menjadi bisnis e-transaction, yaitu alat bayar untuk berbagai transaksi ritel. Saat ini t-Cash dan Dompetku sudah dilengkapi dengan kemampuan e-transaction, meskipun masih sangat terbatas. Namun dalam waktu dekat diyakini fitur ini bakal berkembang pesat, bahkan lebih meggiurkan ketimbang fitur pengiriman uang. Bisnis pengiriman uang akan bersaing dengan pengiriman uang konvensional seperti Western Union, MoneyGram, Wesel Remittance dan sejenisnya. Sedangkan e-transaction bakal menjadi pelengkap atau mungkin pesaing berat untuk industri kartu kredit dan debet, seperti Visa dan Mastercard.

 

Bagaimana prospek bisnis e-Money, seberapa besar skala ekonominya dan seberapa besar respon masyarakat? Fitur utama bisnis ini adalah pengiriman uang dan transaksi elektronik. Dengan demikian skala bisnis e-Money merupakan gabungan dari bisnis pengiriman uang dan bisnis transaksi elektronik. Bisnis pengiriman uang global diperkirakan mencapai US$ 318 miliar pada tahun 2007 dan tumbuh 7 % per tahun (Market Overview). Sedangkan di Indonesia berkisar US$ 11 miliar pada tahun 2008 (BNP2TKI) dan tumbuh 15 % per tahun (republika.co.id). Potensi bisnis transaksi elektronik tentu saja bisa dikembangkan sebesar potensi bisnis kartu kredit.

 

Potensi bisnis yang luar biasa inilah yang mendorong banyak investor, terutama yang bergelut di industri seluler tertarik menggeluti e-Money. Namun justru karena hal itulah, persaingan e-Money telah terlihat seru, sebelum permintaan pasar muncul. Nampaknya para pemain mencoba berebut titik start. Yang lebih ngeri tentu saja persaingan global, karena bisnis ini relatif tidak bisa di batasi coverage-nya dalam satu negara. Raja search engine dan pemilik Android, Google telah menguji coba layanan Google Wallet bersama Sprint Nextel pada awal tahun ini. Jika Google Wallet masuk Indonesia, tentu saja operator lokal mesti siap menghadapi persaingan sengit. Kompetisi tentu bakal semakin ngeri dan rumit dengan kemunculan teknologi NFC (Near field communication) dan reader NFC. Samsung, Nokia dan HTC kabarnya telah membenamkan chip NFC pada sebagian tipe smartphone-nya, sedangkan VeriFone telah mengirimkan NFC Reader ke Jepang, Hongkong dan Singapura. Dengan chip NFC yang tertanam dalam ponsel dan NFC Reader yang ditempatkan di kasir, maka pemakai ponsel kini dapat melakukan pembayaran dengan cara menempelkan ponsel pada NFC Reader, mirip seperti ketika kita menggesek kartu kredit pada EDC.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun