Mohon tunggu...
Myra Saviera
Myra Saviera Mohon Tunggu... Penulis - Myra Saviera

An undergraduate student of Business Administration in Universitas Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Money

Potensi Bisnis Rangkaian Bunga Kering: "Momen", Ada di Setiap Relung Waktu yang Pendek

21 Mei 2019   16:41 Diperbarui: 21 Mei 2019   18:13 930
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

                                                                                            Sumber: Dokumen Pribadi Penulis (2016)


I. PENDAHULUAN IDE PENGEMBANGAN BISNIS

Dalam berbagai kesempatan, dari momen yang menyenangkan, penuh syukur, hingga kedukaan, rangkaian bunga menjadi sebuah hal untuk diberikan sebagai tanda kepedulian kita sebagai manusia kepada sesama, terutama mereka yang kita perhatikan. Bunga dalam bentuk karangan maupun rangkaian bunga menggugah secara estetika dan tidak jarang juga dibeli dalam kuantitas serta intensitas yang cukup besar. Menurut penuturan pelaku bisnis karangan bunga, bisnis ini menjanjikan dan memang kebanyakan pasarnya adalah kaum muda (medan.tribunnews.com, 2018). Perkembangan daya beli rangkaian bunga di Indonesia bervariasi dari berbagai kepentingan dan kegunaan, walau kebanyakan digunakan untuk kado maupun bentuk apresiasi mulai dari kebutuhan dekorasi (rangkaian bunga untuk kedukaan, pernikahan, wisuda, bahkan apresiasi acara tertentu). Kaum muda menjadi target pasar yang cukup besar beserta pelaku bisnis yang membutuhkan dekorasi bunga kering sebagai properti sesi pemotretan maupun dekorasi tambahan.

Indonesia sebagai negara beriklim tropis memiliki potensi untuk melakukan penanaman bunga, yang menandakan aksesibilitas mudah untuk para pebisnis bunga seperti yang banyaknya pasar bunga serta lahan untuk penanaman bunga. Di dalam berbagai kesempatan, rangkaian bunga kebanyakan terdiri atas dua jenis, yakni rangkaian bunga asli dan rangkaian bunga plastik. Hal tersebut dapat dilihat sebagai sebuah potensi bisnis. Hal tersebut adalah rangkaian bunga dari bunga kering, sebagai potensi bisnis yang masih belum banyak dilihat, hal ini disebabkan oleh sedikitnya penawaran akan bunga kering. Selain itu, bunga kering membutuhkan teknik lebih, pengolahan yang hati -- hati serta waktu untuk dikeringkan. Namun, kecantikan serta keindahan lain dari bunga kering dapat memberikan kesan berbeda dari indahnya rangkaian bunga asli maupun bunga plastik pada pasaran rangkaian bunga konvensional. Walaupun tidak terdapat angka pasti akan ekspor maupun impor, namun perputaran bisnis untuk permintaan akan rangkaian bunga makin populer dewasa ini. Untuk rangkaian bunga sefar, harga rangkaian bunga berkisar antara 700 ribu rupiah hingga 1,8 juta (bisnis.tempo.co, 2019). Pada tahun 2018, kerajinan bunga hias kering menjadi produk paling laku terjual pada Maluku Expo dengan harga dibandrol 5 ribu rupiah per tangkai (papua.bisnis.com, 2018). Karenanya, peluang bisnis untuk melakukan bisnis rangkaian bunga kering menjadi pilihan bisnis yang menjanjikan untuk dilakukan. 


Walaupun peluang bisnis penggunaan limbah bunga menjadi rangkaian bunga kering bukan suatu hal yang baru, namun dengan menawarkan nilai kolaborasi serta noble purpose yakni memanfaatkan limbah bunga, Momen optimis dapat menguggah hati peminat rangkaian bunga. Hal tersebut dilakukan dengan menawarkan  rangkaian bunga kering berbentuk buket maupun berbentuk dekorasi vas, tambahan dekorasi ruangan hingga kebutuhan dekorasi rangkaian bunga ucapan dengan  menawarkan nilai emosional yang tidak mudah ditawarkan oleh pelaku bisnis perangkai bunga kering pada umumnya. Selain uniknya setiap rangkaian bunga kering, Momen, hadir pada waktu yang pendek (arti kata Momen dalam KBBI). Momen dapat dipesan untuk berbagai acara, hadiah, maupun dekoratif selain mengurangi limbah dari bunga bekas yang dibuang oleh pemiliknya, akan terdapat pilihan menukar bunga dengan hiasan unik (dapat dilihat pada foto utama artikel ini).

II. BUSINESS MODEL CANVAS

Selanjutnya, akan dibahas secara deskriptif mengenai Business Model Canvas (BMC) dari bisnis Momen selama lima tahun kedepan. Hal ini penting untuk dijadikan alat dalam menganalisa serta merancang model bisnis secara terstruktur. Berikut akan dijelaskan satu per satu sembilan elemen dari BMC.

II.1. Customer Segments

Dalam bisnis Momen, sebagai inti dari model bisnis, pelanggan yang ingin dibidik adalah pelanggan yang membutuhkan karangan bunga yang unik, bernilai lebih tinggi dari segi kualitas serta model rangkaian bunga (B2C) yakni mereka dengan usia 18 tahun hingga 40 tahun secara spesifik. Hal tersebut didasarkan oleh penelitian pasar sebelumnya dimana pasar terbanyak ada pada usia kaum muda, walaupun tidak menutup kemungkinan untuk melayani pasar B2B pada beberapa tahun kedepan untuk kebutuhan lebih spesifik seperti pemotretan, dekorasi unik. Hal tersebut menyebabkan pasar produk Momen terletak pada: Mass market yang dimana target pasar akan begitu besar dan tidak bersekat sebagai segmen pelanggan produk. Hal tersebut kemudian dibarengi dengan harga yang masuk akal untuk dapat dijangkau secara luas bagi pelanggan yang memiliki kebutuhan ingin membeli rangkaian bunga unik dari bunga kering.


II.2. Value Propositions
Proposisi nilai menjadi komponen penting akan manfaat serta keunggulan yang dapat ditawarkan oleh Momen sebagai nilai lebih dari produk terhadap pelanggan. Berikut adalah poin -- poin proposisi nilai yang kami tawarkan:

  1. Desain -- Hal tersebut dilihat dari keunikan estetika serta orisinalitas rangkaian bunga. Karena berasal dari bunga segar yang dikeringkan, bentuk arrangement bunga yang digunakan untuk rangkaian akan terdiri dari berbagai bentuk, warna, dan jenis bunga yang berbeda -- beda.
  2. Price -- Produk rangkaian bunga kering ini dapat bersang dengan bunga segar maupun bunga plastik karena nilai secara estetika dan kesan antik yang muncul dari bunga kering. Selain itu, karena bahan baku bunga kering didapat dari limbah bunga segar, maka secara ekonomis, bahan baku untuk produksinya lebih mudah daripada rangkaian bunga segar maupun plastik pada umumnya. 
  3. Cost reduction -- Secara tidak langsung, pelanggan dapat menukarkan rangkaian bunga bekas mereka dengan rangkaian bunga kering di figura secara gratis. Dalam hal ini, akan mengurangi biaya pelanggan untuk menukarkan bunga segar yang tidak digunakan lagi menjadi rangkaian bunga kering yang tahan lama. Selain itu, Momen akan bermitra dengan pedagang bunga yang tidak laku atau bunga segar yang kurang layak jual, mereka yang memiliki rangkaian bunga bekas yang bingung ingin dikelola kemana dapat menukarkannya kepada kami. Hal ini menjadi pengurang biaya yang berarti bagi pelanggan untuk berpindah kepada produk kami.
  4. Convenience -- Berkaitan dengan nilai cost reduction, Pelanggan tidak perlu pusing ingin membuang kenangan rangkaian bunga, karena produk Momen diharapkan mampu memberikan nilai lebih bagi pelanggan kami yakni kemudahan untuk melakukan pertukaran limbah dari bunga segar menjadi sebuah hal lebih bermanfaat yang masih mengingatkan mereka akan rangkaian bunga segar namun dalam bentuk yang lebih tahan lama.

II.3. Channels
Untuk membantu calon pelanggan mengerti produk serta pengambilan keputusan mereka, Dalam hal ini akan dibagi atas

  1. Awareness: Dalam memberikan edukasi yang menyadarkan calon pelanggan terhadap produk Momen, upaya awereness ini dilakukan melalui saluran pemasaran secara online dan offline. Secara online, akan digunakan media sosial seperti Instagram, Facebook, website resmi Momen serta konten YouTube dan Instagram. Selain itu juga bekerja sama dengan influencer menggunakan video dan foto. YouTube dan Instagram menjadi konten visual yang dipilih untuk mewakili produk Momen sebagai bagian dari gaya hidup, sehingga dalam penyebaran Awareness nya harus mampu memberikan visualisasi yang baik. Secara online, Momen berencana aktif dalam laman website resmi yang diperkuat dengan saluran pemasaran awareness secara offline lewat kerja sama dengan Wedding Organizer, Event Organizer, fotografer yang membutuhkan dekorasi rangkaian bunga kering.
  2. Evaluation: Dengan beberapa pesaing bisnis rangkaian bunga, terutama pelaku bisnis rangkaian bunga segar biasanya memang juga menawarkan rangkaian bunga kering serta rangkaian bunga plastik. Karenanya, produk Momen yang sangat terfokus dengan penawaran produk rangkaian bunga kering harus lebih mampu menawarkan nilai serta inovasi pada setiap produk yang dijual untuk tetap mampu bersaing. Terlepas dari pengakuan bahwa adanya persaingan bisnis dengan pelaku bisnis penjual rangkaian bunga konvensional (bunga segar dan bunga plastik), Momen dapat menawarkan sebuah bentuk kerja sama yang dimana mampu membeli bunga bekas rangkaian bunga yang tidak terpakai, bunga yang dibuang percuma atau bunga dengan kondisi kurang menarik dengan harga lebih murah dari seharusnya yang diperoleh dari pesaing bisnis dan toko bunga. Hal tersebut memungkinkan karena memang segmentasi pasar pesaing yang dijadikan mitra pemasok bahan baku berbeda dengan segmentasi pasar Momen.
  3. Purchase: Pelanggan dapat membeli produk Momen lewat toko fisik serta pemesanan online lewat laman website Momen, Instagram, Youtube, dan Facebook. Selain itu, proses transaksi pembelian dapat dilakukan lewat transfer, pembayaran online seperti e-banking, m-banking, serta secara langsung pada toko fisik Momen. Tentu saja untuk kemudahan komunikasi, kami tersedia lewat WhatsApp dan telepon kantor Momen.
  4. Delivery: Momen menjual produk rangkaian bunga kering secara online maupun offline lewat toko fisik. Untuk membuat keduanya dapat berjalan baik, dari segi logistik, dibutuhkan mitra yang mampu memberikan layanan pengantaran produk paling baik serta cepat. Dalam hal ini, secara khusus bermitra dengan PAXEL karena pengiriman rangkaian bunga ini perlu proses pengiriman logistik yang diatasi dengan baik serta spesifik untuk memastikan tidak ada bunga yang rontok atau rusak. Secara offline, Momen merencanakan membuka sebuah toko fisik di daerah Jakarta Pusat.
  5. After Sales: Dukungan layanan purna jual menjadi hal yang tidak kalah penting dari saluran -- saluran sebelumnya. Setelah pelanggan membeli produk kami, mereka dapat membayar separuh dari harga rangkaian bunga pada saat mereka membeli untuk direstorasi atau diperbarui rangkaiannya dan dibatasi hanya boleh satu kali saja dalam satu tahun, per satu konsumen (akan ada kartu loyalitas secara online lewat database laman web Momen).


II.4. Customer Relationships
Dalam hal hubungan dengan pelanggan, secara spesifik akan terbagi atas:

  1. Personal assistance: Dalam mengatasi permintaan akan rangkaian bunga yang unik ini, pelanggan dapat memilih preferensi bentuk bunga (seperti yang bentuknya berkelopak mawar atau berkelopak kecil seperti bunga chrysanthemum, hingga yang berjenis baby breaths) secara langsung apabila pelanggan datang ke toko fisik kami. Hal ini berbeda apabila pelanggan membeli langsung di laman website yang dimana akan selalu diperbarui apakah sudah terjual atau dipesan untuk beberapa waktu kedepan dengan rancangan rangkaian yang terbarui lewat visualisasi desain rangkaian bunga. Selanjutnya, akan ada integrasi dari pembelian offline maupun online dimana mereka yang memesan di toko offline dapat memesan lebih spesifik mengenai preferensi rangkaian bunga (apabila ingin memilih kostumisasi jenis bunga dan rangkaian) lalu melihat apakah barang sudah siap diambil atau mau dikirimkan lewat website Momen. Lalu, bagi pembeli online, akan ada customer service lewat fitur chat pada website, telepon kantor pada jam kantor, serta email untuk layanan pelanggan.
  2. Dedicated personal assistance: Hubugan dengan pelanggan yang ingin dibuat oleh Momen adalah hubungan yang terbuka akan inovasi serta kreasi sehingga walaupun rangkaian bunga dirancang dan dibentuk oleh kami, pelanggan juga dapat memberikan masukan atas preferensi bunga maupun warna, yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan penggunaan rangkaian bunga. Dalam hal ini misalnya, bagi pelanggan yang membutuhkan rangkaian bunga dalam bentuk dekoratif, tentu saja dibutuhkan bentuk bunga yang panjang serta berkelopak besar, berbeda bagi rangkaian bunga untuk diberikan sebagai kado atau secara individu yakni yang lebih mudah dipegang serta berkelopak kecil hingga sedang serta dilengkapi sentuhan manis tanaman hias bunga bergenus gypsophila.
  3. Co-creation: Momen ingin mencoba memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk sama -- sama membuat nilai bersama lewat co-creation, seiring dengan dua hal yang telah disampaikan sebelumnya dengan cara membuat saluran yang memudahkan hubungan komunikasi dengan pelanggan. Kami ingin membuat sebuah fitur pada laman web dan media sosial dimana pelanggan dapat memberikan umpan balik maupun menyampaikan saran serta usulan terkait produk dan pengembangan layanan kami.  Selain itu, kami ingin mengapresiasi para pelanggan yang bersedia membuat posting/mengupload testimoni akan rangkaian bunga yang dibeli dari Momen, karenanya, akan disediakan juga sebuah laman khusus testimoni di website kami sekaligus di sosial media Instagram dan Facebook kami.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun