Pada 19 Juni 2022, Saya selaku tim kecil dari Arahmata. Memulai program "Mengangkat Brand Lokal to Digital" dengan cara meliput tempat usaha para UMKM Lokal.
Setelah janjian dan konfirm kedatangan Saya dan tim ke salah satu coffee shop yang berlokasi di Jalan Tawes Jakarta Timur bernama NOESANTARA.
Sejak awal, Saya memilih coffee shop ini karena menarik. Dari segi penamaan, lokasi dan pilihan kopi atau makanan yang tersedia.
Setelah say hello dengan sang owner, kami meliput semua bagian di cafe tersebut. Serta melakukan sesi wawancara santai dengan owner.
Ada banyak sharing bermanfaat ketika sesi wawancara, dimana sang owner sangat detail dalam memulai bisnis.Â
Melakukan riset lokasi, riset pasar, merumuskan resep kopi sampai dengan rencana prngembangan maupun inovasi bisnis.Â
Kebetulan owner Noesantara memang memiliki background yang kuat di bidang Management bisnis, makin lengkap karena co-founder nya juga merupakan seorang yang ahli dalam menciptakan menu-menu enak.Â
Dengan bermodalkan hasil riset lokasi, riset segmentasi pasar dan racikan kopi serta menu enak.Â
Mereka sangat yakin jika bisnis itu harus di persiapkan dengan matang, SDM nya juga harus dikuatkan supaya berjalan lebih lancar.Â
Meski pada kenyataannya, banyak tantangan dadakan di dalam sebuah bisnis.Â