Mohon tunggu...
Mochammad Sobrian Kharismadani
Mochammad Sobrian Kharismadani Mohon Tunggu... -

SMAN 1 Malang "Mitreka Satata"

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Bike to School Bersama Sepeda Terbaikku, Wimcycle

25 Maret 2016   13:14 Diperbarui: 25 Maret 2016   13:39 78
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="B2S : Bike to school tetap jalan di cuaca apa pun :D"][/caption]Di zaman yang modern ini hampir seluruh aktivitas kita dimudahkan dengan banyaknya teknologi yang juga semakin berkembang. Bahkan Indonesia juga merupakan salah satu negara yang banyak masyarakatnya mengaplikasikan berbagai teknologi di segala bidang atau aspek kehidupan seperti transportasi.

Saya sebagai salah satu masyarakat juga mengandalkan kendaraan bermotor saat berpergian karena lebih mudah dan cepat. Namun, lama-kelamaan saya juga berpikir bahwa semakin lama jumlah pengendara bermotor di Indonesia semakin banyak sehingga menimbulkan polusi yang tak terbendung lagi. Akibatnya pun banyak sekali, yaitu terjadi pencemaran udara, suhu lingkungan menjadi tidak teratur dan lebih panas, orang-orang menjadi terganggu dan terancam kesehatannya karena asap kendaraan bermotor, dan lain-lainnya. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk berangkat ke sekolah dengan sepeda sehingga dapat meminimalisir polusi lingkungan sekaligus tidak merepotkan orang tua.

Sejak SD saya sudah belajar mengendarai sepeda, tetapi hanya berkendara di sekitar rumah. Lalu, saat saya masih di SMP, saya mulai mencoba berangkat ke sekolah dengan sepeda. Walaupun pada awalnya terasa melelahkan dan merepotkan, lama kelamaan saya sudah mulai terbiasa dengan berangkat ke sekolah dengan sepeda hingga akhirnya sepeda saya rusak.

Tidak lama pula ibu saya membeli sebuah sepeda baru yang merknya ini juga sering digunakan banyak orang. Sepeda ini terlihat lebih canggih di zaman itu dengan pilihan 7 gir yang bisa diganti-ganti menyesuaikan dengan kondisi jalan yang dilalui. Awalnya ibu sering menggunakannya tiap hari Minggu untuk berkeliling sekitar rumah, tetapi lama kelamaan tidak ada yang menggunakannya lagi sehingga saya gunakan untuk berangkat ke sekolah saja.

Dengan sepeda Wimcycle ini, saya tidak merasa lebih lelah karena saya bisa mengatur gear sepeda sesuai jalannya. Misalnya saja saya menemui jalan yang cukup menanjak, maka saya cukup mengganti girnya menjadi gir ke-1 atau 2 sehingga saya dapat mengayuh sepeda dengan lebih mudah dan tanpa mengeluarkan tenaga yang lebih banyak.

Sepeda Wimcycle yang saya miliki ini adalah sepeda tipe MTB atau yang sering disebut sepeda gunung sehingga lebih cocok untuk di jalan offroad atau jalanan yang tidak rata karena sepeda ini memiliki tipe roda yang lebih tebal dan kuat, sedangkan sepeda yang cocok untuk berkendara di kota biasanya adalah sepeda tipe Urban karena memiliki roda lebih tipis yang tentunya tidak memerlukan terlalu banyak tenaga untuk mengayuhnya.

Walaupun begitu, saya lebih suka menggunakan sepeda tipe ini di dalam kota karena saya rasa dengan rodanya yang kuat dan tebal, kita tidak perlu khawatir akan ban yang mudah bocor akibat beberapa jalanan yang tidak rata di kota. Selain itu, sepeda ini memiliki rem yang cukup pakem.

Seiring bertambahnya umur, lama kelamaan sepeda saya juga mengalami kerusakan seperti perpindahan gir yang tidak bisa digunakan lagi, rem yang tidak pakem lagi, dan lain sebagainya. Namun, sepeda Wimcycle ini masih mampu menemani saya ke sekolah tiap hari sampai saya akan lulus SMA saat ini. Tubuh sepedanya pun masih bagus dan kokoh walaupun ada beberapa bagian yang sedikit berkarat atau terkelupas kulitnya karena terkena hujan.

Pada liburan yang lalu pun saya juga sempat bersepeda dengan teman-teman saya dari Malang ke Batu dan saya masih menggunakan sepeda Wimcycle ini. Walaupun saya menemui banyak tanjakan dan tidak bisa menggunakan perpindahan gir sepeda lagi, saya masih mampu mengayuh sepeda dengan teman-teman. Di situ saya merasa bahwa kebiasaan saya bersepeda ke sekolah tidak sia-sia.

[caption caption="Saya yang memakai baju merah dan berkacamata di sebelah kanan."]

[/caption]Walaupun bersepeda itu melelahkan, itu merupakan salah satu bentuk partisipasi kita dalam menjaga lingkungan dari pencemaran dan saya bangga dapat ikut melakukannya. Selain itu, bersepeda juga dapat menjadi olahraga yang menyehatkan dan mudah dilakukan tiap hari. Walaupun belum terbiasa, coba saja dulu dan mungkin lama kelamaan sudah akan menjadi kebiasaan atau bahkan hobi.

Selain itu, pilihan sepeda yang akan digunakan juga penting dan harus sesuai dengan kebutuhan kita. Nah, sepeda Wimcycle ini juga merupakan salah satu merk sepeda Indonesia yang sudah memberikan sepeda-sepeda terbaik baik di Indonesia maupun di kancah internasional sehingga sepeda Wimcycle dijamin terpercaya kualitasnya dalam memberikan kenyamanan dan kemudahan yang kita inginkan saat bersepeda. Jadi, jangan salah pilih sepeda ya!

 

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun