Mohon tunggu...
muttia zaskya
muttia zaskya Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

hobby saya bernyanyi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori Perkembangan Sosial

21 November 2024   13:50 Diperbarui: 21 November 2024   13:59 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Jean Piaget dan Lev Vygotsky adalah dua ahli psikologis yang mengemukakan teori perkembangan kognitif, namun dengan pendekatan yang berbeda:
Teori Piaget

Piaget berpendapat bahwa kemampuan kognitif seseorang berkembang sesuai dengan usia dan dapat dibentuk melalui tindakan yang termotivasi oleh lingkungan. Piaget juga berpendapat bahwa seseorang dapat belajar secara mandiri dengan mengamati orang-orang di sekitarnya.

Teori Vygotsky

Vygotsky berpendapat bahwa perkembangan kognitif seseorang diperoleh dari keterlibatannya di masyarakat dan tidak terbatas oleh rentang usia. 

Vygotsky juga berpendapat bahwa perkembangan pengetahuan anak-anak dimulai melalui proses sosial, bukan melalui tindakan anak-anak sendiri.

Teori Vygotsky dikenal sebagai pendekatan sosio-konstruktivisme, yang artinya perkembangan kognitif seseorang ditentukan oleh faktor individu dan lingkungan. Vygotsky menggunakan konsep Zona Perkembangan Proximal (ZPD) untuk menjelaskan bahwa anak-anak membutuhkan bimbingan untuk mencapai perkembangan yang optimal.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun