Jean Piaget dan Lev Vygotsky adalah dua ahli psikologis yang mengemukakan teori perkembangan kognitif, namun dengan pendekatan yang berbeda:
Teori Piaget
Piaget berpendapat bahwa kemampuan kognitif seseorang berkembang sesuai dengan usia dan dapat dibentuk melalui tindakan yang termotivasi oleh lingkungan. Piaget juga berpendapat bahwa seseorang dapat belajar secara mandiri dengan mengamati orang-orang di sekitarnya.
Teori Vygotsky
Vygotsky berpendapat bahwa perkembangan kognitif seseorang diperoleh dari keterlibatannya di masyarakat dan tidak terbatas oleh rentang usia.Â
Vygotsky juga berpendapat bahwa perkembangan pengetahuan anak-anak dimulai melalui proses sosial, bukan melalui tindakan anak-anak sendiri.
Teori Vygotsky dikenal sebagai pendekatan sosio-konstruktivisme, yang artinya perkembangan kognitif seseorang ditentukan oleh faktor individu dan lingkungan. Vygotsky menggunakan konsep Zona Perkembangan Proximal (ZPD) untuk menjelaskan bahwa anak-anak membutuhkan bimbingan untuk mencapai perkembangan yang optimal.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H