Mohon tunggu...
Muttaqin
Muttaqin Mohon Tunggu... Freelancer - Penggubah kata

Menggubah kata marangkai makna

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Nulis Bercuan?

25 Oktober 2019   17:48 Diperbarui: 25 Oktober 2019   17:48 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Mas Hariadhi, orang yang memberi petunjuk bagaimana dari menulis kita bisa mencari penghidupan. menulis awalnya kupikir hanyalah ritual untuk orang-orang besar saja. namun ternyata saya sedikit keliru. bahwa justru dengan menulis, kita juga bisa menjadi besar. walaupun sudah peringatkan mas Hariadhi bahwa perjalanan dalam menulis itu tidak mudah. Meskipun sulit namun akan terasa dipermudah jika kita memiliki tujuan dalam menulis. tujuan jangka panjang yang akan menjadi bahan bakar kita dalam menulis. 

Mimpiku dalam dunia kepenulisan sepertinya sama dengan mimpi banyak penulis lainnya. Menerbitkan sebuah buku. namun, perjalanan menuju kesana bukanlah perjalanan yang instan nan mudah. Mas Hariadhi memberi nasihat pada kami Club The Writers, bahwa memulai dalam memulai karir kepenulisan ada baiknya kita menyusun portofolio terlebih dahulu.

Menyusum portofolio tidak harus dengan suatu mahakarya.

Bisa dimulai dari hal kecil seperti menulis di blog seperti ini. dan enaknya lagi, kalau kita konsisten dalam melakukan ini bukan hal yang mustahil kita bisa mendapat cuan dari hasil menulis kita ini. walaupun tidak besar, ini cukup untuk terus memacu kita dalam mengarungi dunia kepeulisan ini. 

Setelah cukup pengalaman dalam dunia blog bahkan kita bisa hidup sebagai fulltime blogger. kiranya aku bisa sambil meniti karir di jasa copywriter dengan sistem kerja lepas (freelancer). betapa menyenangkannya jika kita bisa hidup dari hobi yang menyenangkan seperti ini. Hehe. walaupun mungkin aku sudah cukup dengan aktivitas seperti ini. Tentu aku tidak melupakan mimpi tertinggiku dalam dunia kepenulisan ini. Menerbitkan buku atas namaku sendiri.

Sebelum aku menerbitkan buku atas namaku sendiri. aku akan mencoba menjadi ghostwriter. Dengan menjadi ghostwriter, aku akan bisa mengambil banyak mutiara kehidupan yang berharga dari guru-guruku. mengambil mutiara plus dibayar. terdengar menyenangkan bukan? hingga akhirnya aku bisa mendapat kepercayaan dari penerbit dan aku akan menerbitkan buku bestsellerku sendiri.

Mimpiku dalam dunia kepenulisan ini pasti tidak akan berjalan mulus. Pasti akan menemui halang rinang sana-sini. tapi aku pikir hal itulah nanti yang akan menjadikanku penulis hebat di kemudian hari. aamiin. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun