Mohon tunggu...
Mutoharoh
Mutoharoh Mohon Tunggu... Guru - Mahasiswa

Mahasiswa yang haus akan Ilmu

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Pengalaman Berharga dari Kuliah Kerja Lapangan: Menjembatani Teori dan Praktik

28 Agustus 2023   23:03 Diperbarui: 28 Agustus 2023   23:06 255
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Kuliah kerja lapangan (KKL) telah lama menjadi kegiatan rutin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pamulang. Program ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk menerapkan pengetahuan teoritis yang diperoleh di dalam kelas ke dalam dunia nyata. Sebagai seorang mahasiswa yang baru saja menyelesaikan program KKL, saya merasa beruntung telah mengambil bagian dalam pengalaman ini yang kaya akan pembelajaran dan penemuan.

Saya berpartisipasi dalam program KKL di PT Santoso Arifchandra Eletronik yang sudah berdiri sejak tahun 1995. Tugas kami adalah mengamati proses membuat kabel, mualai dari bahan baku sampai dengan pembuatan akhir. 

Awalnya, saya merasa sedikit canggung dan tidak yakin tentang bagaimana saya akan beradaptasi dengan lingkungan kerja yang sesungguhnya. Namun, seiring berjalannya waktu, saya menyadari bahwa pengalaman ini adalah peluang emas untuk mengasah keterampilan komunikasi, kolaborasi, dan pemecahan masalah.

Salah satu hal terpenting yang saya pelajari selama KKL adalah pentingnya menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik. Di dalam kelas, kita seringkali dipaparkan dengan konsep-konsep abstrak dan model-model ideal. Namun, di lapangan, realitasnya bisa jauh lebih kompleks. 

Saya menghadapi tantangan-tantangan nyata yang tidak selalu sesuai dengan apa yang saya pelajari di buku teks. Namun, ini justru membantu saya memahami bahwa adanya ketidaksempurnaan dalam dunia kerja sebenarnya adalah hal yang wajar.

Selain itu, saya juga belajar tentang pentingnya adaptasi. Perusahaan tempat saya melakukan KKL memiliki budaya kerja dan dinamika tersendiri serta belajar untuk mendengarkan, bertanya, dan belajar dari rekan-rekan yang lebih berpengalaman.

Tidak hanya itu, pengalaman ini juga membuka mata saya terhadap peran penting etika dalam dunia kerja. Saya harus membuat keputusan yang tidak hanya menguntungkan perusahaan atau institusi, tetapi juga mempertimbangkan dampaknya terhadap masyarakat dan lingkungan. Hal ini mengingatkan saya akan tanggung jawab sosial yang kita miliki sebagai anggota masyarakat dan profesional di masa depan.

Secara keseluruhan, pengalaman KKL telah memberikan saya perspektif yang lebih kaya tentang bagaimana dunia kerja sebenarnya berjalan. Saya merasa lebih siap untuk menghadapi tantangan di masa depan dan mengaplikasikan pengetahuan serta keterampilan yang saya peroleh selama kuliah dan KKN. Program ini telah membantu saya tumbuh sebagai individu yang lebih tanggap, adaptif, dan bertanggung jawab.

Dalam kesimpulan, kuliah kerja lapangan adalah perjalanan pembelajaran yang tak ternilai harganya. Kombinasi antara teori dan praktik, serta pelajaran yang diambil dari pengalaman langsung, membentuk landasan yang kuat untuk menjalani karier yang sukses. Saya sangat berterima kasih atas kesempatan ini dan saya meyakini bahwa setiap mahasiswa akan mendapat manfaat besar dari pengalaman serupa.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun