Pandemi COVID-19 membuat sebagian UMKM kewalahan akibat omset pemasaran yang menurun. Hal ini turut dirasakan oleh Anik selaku pemilik UMKM snack di Desa Plumbon. "Kemarin pas awal-awal pandemi UMKM cukup terdampak, mbak." cerita Anik pada Tim 1 KKN Undip. Pemasaran yang menurun tentunya membuat omset berkurang.Â
Oleh karena itu, dalam rangka membantu UMKM di Desa Plumbon Tim 1 KKN Undip menggelar  sosialisasi  mengenai  prinsip-prinsip psikologi persuasi yang dapat diterapkan dalam marketing pada Selasa (8/2/2022). Sosialisasi ini digelar di rumah produksi salah satu UMKM snack di Desa Plumbon.
Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan UMKM dapat terus meningkatkan pemasarannya dengan menggunakan prinsip-prinsip psikologi persuasi yang telah diajarkan. Tidak hanya berbagi pengetahuan, Tim 1 KKN Undip juga mengajarkan pelaku UMKM keterampilan baru, yaitu keterampilan untuk membuat konten pemasaran yang unik dan menarik, disertai dengan praktik langsung.
Pelaku UMKM menyambut kehadiran Tim 1 KKN Undip dengan antusias. Anik selaku pemilik UMKM merasa senang dengan pengetahuan dan keterampilan baru yang didapatkannya. Di akhir sesi sosialisasi, ada banyak pengalaman, umpan balik, dan cerita yang dibagikan oleh pemilik UMKM kepada Tim 1 KKN Undip.
Penulis: Muthmainnah Atifa (FPsi/Psikologi)
Dosen Pembimbing: Triyono, S.H., M.Kn
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H