Mohon tunggu...
Mutiara Ramadani
Mutiara Ramadani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Mahasiswa ekonomi pembangunan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Live Shopping pada E-Commers terhadap UMKM

17 Maret 2024   15:40 Diperbarui: 17 Maret 2024   15:44 406
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki kontribusi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Dalam hal ini, UMKM telah menyerap banyak tenaga kerja sehingga mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Pelaku bisnis yang termasuk dalam kategori UMKM dalam menghadapi perkembangan media promosi yang kian pesat dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memasarkan produk mereka guna mempertahankan eksistensi dan meningkatkan margin penjualan mereka. Dalam era digital saat ini, dunia e-commerce terus berkembang pesat. Salah satu tren yang menarik perhatian saat ini yaitu live shopping yang menawarkan pengalaman berbelanja yang lebih interaktif antara penjual dan konsumen. Hal ini dapat menjadi fasilitator dalam perdagangan online, yang dapat mendorong perekonomian para pelaku UMKM.

Peran live shopping di e-commerce dalam mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia sangat besar. Tujuan dengan adanya live shopping adalah membantu para pelaku usaha untuk memasarkan produk jualannya di jangkauan pasar yang lebih luas. Terlebih di era teknologi digital saat ini. E-commerce saat ini sangat pesat ditambah dengan adanya live shopping yang turut terdampak pada UMKM. Indonesia merupakan negara 10 terbesar pertumbuhan 'e-commerce' dengan pertumbuhan 78 persen dan berada di peringkat ke-1. Sementara Meksiko berada di peringkat kedua, dengan nilai pertumbuhan 59 persen," (Septriana Tangkary di Pamekasan). Hal tersebut dapat dikatakan bahwa perkembangan UMKM di Indonesia sudah cukup baik mengikuti perkembangan teknologi. Banyaknya inovasi yang dihadirkan oleh platform e-commerce saling berkesinambungan untuk membantu penjual lokal dan UMKM dalam mengembangkan bisnis dan mendapatkan keuntungan, serta merasakan manfaat yang maksimal.

Live shopping merupakan salah satu dari sebuah inovasi dalam dunia e-commerce yang menggabungkan video streaming dan interaksi langsung antara penjual dan pembeli. Tren ini semakin populer di Indonesia, dan memiliki potensi besar untuk memajukan UMKM di Indonesia. Hal ini dikarenakan dengan meningkatkan visibilitas, interaksi, penjualan, loyalitas pelanggan, dan kesadaran merek, live shopping membantu UMKM berkembang dan mencapai kesuksesan di era digital. Tren live shopping ini sendiri tentunya dapat membawa dampak yang positif bagi kemajuan UMKM di Indonesia. Dengan adanya live shopping UMKM dapat meningkatkan penjualan, jangkauan pasar, interaksi pelanggan, dan reputasi merek. Shopee sendiri mencatat bahwa rata-rata penjualan UMKM pada platformnya meningkat 3 kali lipat selama periode live shopping, Lazada juga mencatat bahwa penjualan produk UMKM melalui platformnya meningkat hingga 5 kali lipat melalui live shopping. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa live shopping berpengaruh dalam kemajuan UMKM. Kemampuan digital yang semakin kuat ini juga dapat membantu UMKM untuk bersaing di era digital.

Live shopping di e-commerce dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap UMKM. Dengan memanfaatkan live shopping, UMKM dapat memperkuat reputasi mereka sebagai merek yang inovatif, interaktif, dan terhubung dengan tren pasar yang berkembang saat ini. Memanfaatkan teknologi dan fitur live shopping ini menghadirkan banyak peluang bagi UMKM untuk meningkatkan visibilitas, menjangkau konsumen yang lebih banyak, dan akhirnya meningkatkan penjualan dan pertumbuhan bisnis. Tentu kemudahan ini tidak hanya membantu UMKM untuk bertahan, tetapi juga memberikan peluang untuk inovasi dan kolaborasi guna mendorong pertumbuhan bisnisnya. Di era saat ini keberadaan live shopping menjadi salah satu faktor pendukung tumbuh dan berkembangnya UMKM di Indonesia, bisa dikatakan UMKM di Indonesia telah berkembang pesat berkat perkembangan teknologi yang sudah canggih.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun