Sebelumnya, FOR dan FOE termasuk kedalam pembahasan pada Komunikasi Visual.
Frame Of Reference (FOR) adalah asumsi-asumsi yang menjadi referensi bagi para hadirin, bahkan setiap orang hadirin (nilai pandang seseorang sebagai perpaduan dari faktor-faktor jenis kelamin, usia, pendidikan, kebudayaan, agama dan lain-lain yang berpengaruh terhadap pesan komunikasi yang dilakukannya).
Nah sedangkan Frame of Experience (FOE) adalah berbagai pengalaman yang telah dialami, atau kegiatan/aktivitas/tindakan yang pernah dilakukan, yang memberikan persepsi pada hadirin anda.Â
Baik sebagai pribadi, maupun sebagai kelompok. Semua FOE telah memberikan asumsi bagi mereka, sesuatu yang perlu anda ketahui, sebelum menghantar ilmu/ide anda kepada mereka. Segala hal yang dialami oleh hadirin, selama itu berupa pengalaman, kita masukkan semua ke dalam kategori ini. Keduanya adalah pembentuk persepsi dan asumsi hadirin kita.
Itulah penjelasan singkat mengenai FOR dan FOE. Semoga bermanfaat ya!
See you in my another article!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H