Komunikasi Bisnis, Apa itu?
Komunikasi Bisnis (Business Communication) lebih luas dari sekedar korespondensi (surat menyurat dan periklanan) sebagai media yang efektif dalam menginformasikan suatu produk barang dan jasa. Komunikasi bisnis mencakup semua aspek dari “Bagaimana menerima, mengekspresikan dan bertukar gagasan dalam bisnis”. Secara sederhana komunikasi bisnis mencakup :
- Business Corespondence/Surat menyurat
- Business Langueage/Bahasa
- Business Writing/Menulis
- Business Speaking/Bicara
Komunikasi bisnis adalah proses berbagi informasi antara orang di dalam dan di luar bisnis. Komunikasi bisnis yang efektif adalah cara karyawan dan manajemen berinteraksi untuk mencapai tujuan bisnis. Tujuannya adalah untuk meningkatkan praktik bisnis dan mengurangi kesalahan.
Mengapa "Komunikasi Bisnis" memerlukan kata "Komunikasi" di dalam "Bisnis" itu sendiri?
Karena, Komunikasi adalah proses pengoperan pesan dalam bentuk lambang yang berarti, diantara manusia untuk mengubah, persepsi, sikap, pengetahuan, tingkah laku orang lain. Bisnis adalah aktivitas manusia yang berkaitan dengan pembelian/penjualan (pertukaran) barang atau jasa untuk memperoleh keuntungan.
Jadi, komunikasi dan bisnis saling berhubungan. Karena setiap orang melakukan berbisnis atau bertukar informasi pasti menggunakan komunikasi yang baik agar bisnis tersebut berjalan dengan lancar. Dengan berbisnis maka kita selalu membutuhkan komunikasi yang baik dan benar agar bisnis berjalan sesuai tujuan.
Ataupun definisi komunikasi bisnis yang lainnya yaitu proses penyampaiannya dan penerimaan pesan antar dua orang atau lebih. Dengan harapan terjadinya pengaruh yang positif agar bisnis yang kita jalankan menjadi sangat lancar. Komunikasi bisnis yang baik sangatlah penting karena untuk mendukung tercapainya tujuan usaha. Jika seorang pengusaha memiliki keahlian dalam berkomunikasi, ini akan menjadi alat yang sangat efektif untuk memikat pelanggan. Para ahli mengemukakan bahwa komunikasi bisnis merupakan suatu komunikasi yang dilaksanakan di dunia bisnis.
Di dalam Komunikasi Bisnis, kita juga akan mengenal yang namanya Aturan Bisnis. Kita memerlukan aturan bisnis ini agar tujuan Komunikasi Bisnis tercapai dan semua kegiatan berjalan dengan teratur atau dengan baik. Berikut beberapa tujuan komunikasi bisnis :
- Memberi Informasi “Informing”, dalam hal ini informasi yang dimaksud ialah hal-hal yang berkaitan dengan aktivitas bisnis dengan berbagai pihak. Misalnya seorang manajer markerting ingin meningkatkan penjualan produk baru, maka ia akan mencoba memasang iklan di berbagai media. Masing-masing media pun memiliki kelebihan dan kekurangan baik dari sisi biayanya maupun dari sisi impact yang didapatkan. Cara penyampaian informasi di setiap media juga menjadi faktor penentu keberhasilan iklan tersebut.
- Melakukan Persuasi “Persuading”, Persuasi ialah cara berkomunikasi yang digunakan untuk mempengaruhi dan menyakinkan orang lain. Persuasi sering dilakukan dalam aktivitas pemasaran agar orang lain terpengaruh dan membeli suatu produk dan juga dalam penegasan konfirmasi pesanan konsumen agar tidak terjadi kesalahan pemesanan.
- Melakukan Kolaborasi “Collaborating” ialah bentuk kerjasama, interaksi, kompromi pihak-pihak yang terlibat langsung dan tidak langsung yang menerima akibat dan manfaat. Dengan adanya komunikasi yang baik maka kerjasama bisnis dapat dilakukan dengan lebih mudah.
Itulah penjelasan singkat mengenai Komunikasi Bisnis yang telah saya pelajari. Selebihnya bila ada koreksi, yuk berdiskusi di kolom komentar!
See you in my another article!
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H