Mohon tunggu...
Mutiara Biyantoro
Mutiara Biyantoro Mohon Tunggu... ibu rumah tangga -

Learn from yesterday, live for today, hope for tomorrow\r\n

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

ASI, Obat Andalan untuk Bayiku

14 September 2014   20:20 Diperbarui: 18 Juni 2015   00:43 38
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

ASI bisa sebagai obat untuk bayi?. Awalnya saya juga ragu. Namun sebagai seorang ibu yang ingin meminimalis pemberian obat-obatan kimia pada anak yang masih bayi saya akhirnya melakukannya. Bissmilah, dengan keyakinan ASI adalah obat yang paling pas buat si kecil dan pastinya bebas dari bahan kimia. Dan Alhamdulillah si kecil sembuh!. Subhanallah!, sekali lagi saya di buat takjub dengan manfaat ASI.

Memang benar ASI bisa sebagai obat saat bayi mengalami sakit flu. Saat bayi terkrna flu, ASI adalah obat andalan saya. Caranya saya menyusui bayi saya sesering mungkin. Dan saat bayi flu, seperti halnya orang dewasa dia juga mengalami susah bernafas karena hidungnya "mampet", [duh gak tegaaaa! dan hampir saja saya tergoda membawanya ke klinik terdekat agar semua beres!]. Alhamdulillah bisa saya atasi setelah saya di beri tahu teman-teman di milis bahwa ASI bisa "membereskan" masalah hidung termsubat panda bayi saat mengalami flu. Caranya juga gampang, tidak perlu alat-alat yang ribet, cukup, setirilkan tangan ibu, lalu teteskan langsung ASI dari sumbernya, [kalau saya selain tangan setiril tentu awali dengan baca "mantra" andalan Bissmilah!,hehe]. Alhamdulillah nafas si kecil lancar jaya kembali!.

Menjelang hari raya kemarin bayi saya kena sakit mata. Saat dia terbangun dari tidurnya matanya lengket, dan setelah saya bersihkan ternyata bagian putih matanya menjadi merah. Dan sudah tentu si kecil menjadi rewel. Tangan mungilnya selalu di gosok-gosokan di matanya. Sebagai seorang ibu tentunya saya merasa sangat tidak tega melihatnya. Orang-orang tua di sekitar saya banyak yang memberikan sarannya untuk di obati dengan menyebut macam-macam obat. Sekali lagi saya ingin meminimalis obat kimia untuk bayi saya. Maka anjuran memberi obat kimia saya ketepikan.
Dan ketika seorang menyarankan untuk meneteskan ASI pada mata bayi saya yang merah bak buah cherry, saya sempat ragu!, saya sempat berdebat sendiri, "ini mata, alat yang sangat vital buuund!". Akhirnya saya test pada mata saya sendiri, agak sedikit perih!, dan tidak ada efek apa-apa setelahnya. Maka dengan menyebut namaNYA, saya yakinkan diri meneteskan ASI pada mata bayi saya. Saya meneteskannya menjelang dia tidur malam. Amazing!, saat dia terbangun matanya tidak lengket lagi meski masih agak merah. Setelah dua hari saya tetesi dengan penetesan pagi dan malam, sakit mata merah bayiku sembuh total. Alhamdulillah.

Saya yakin ada [banyak] lagi penyakit yang biasa bayi alami bisa di obati dengan ASI, mungkin ada sahabat kompasiana yang pernah membuktikannya sendiri kehebatan ASI sebagai obat yang efektif, aman, mudah dan gratis?
Sungguh Maha besar Engkau Ya Allah selalu menurunkan segala nikmat dan rahmatMu untuk kami.

***Mutiara***

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun