Mohon tunggu...
Muthia Annisa
Muthia Annisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah mahasiswa aktif di perguruan tinggi Universitas Potensi Utama Medan. Saya mahasiswa dari prodi Manajemen

Selanjutnya

Tutup

Analisis

Penerapan Strategi Segmentasi, Targeting, dan Positioning (STP) Dalam Pemasaran

2 Januari 2025   14:05 Diperbarui: 2 Januari 2025   14:17 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Analisis Cerita Pemilih. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG

Apa itu STP Marketing?

STP marketing atau Model Segmentasi, Targeting, dan Positioning merupakan suatu kerangka pemasaran yang melibatkan tiga tahapan esensial. Tahap pertama adalah melakukan segmentasi pasar, kemudian dilanjutkan dengan menargetkan segmen-segmen yang dianggap paling menguntungkan, dan tahap terakhir adalah memposisikan produk yang ditawarkan dengan cara yang paling bernilai.

Fokus utama dalam model pemasaran STP ini adalah pada pendekatan terhadap audiens, bukan sekadar produk itu sendiri. Pendekatan ini menitikberatkan pada pemilihan segmen-segmen yang memiliki nilai paling tinggi bagi perusahaan ketika merancang strategi pemasaran produk, sehingga pesan yang disampaikan menjadi lebih relevan di setiap segmen audiens yang ada.

3 Langkah Penerapan STP Marketing

Berikut adalah tiga langkah dalam menerapkan STP Marketing:

1. Segmentation

Segmentation, atau dikenal sebagai segmentasi pasar, adalah proses membagi pasar yang luas menjadi kelompok-kelompok kecil berdasarkan karakteristik tertentu. Dengan segmentasi pasar, promosi bisnis dapat dilakukan dengan lebih efisien. Meskipun memerlukan penelitian mendalam yang memakan waktu, langkah ini dapat menghasilkan promosi yang lebih hemat, tepat sasaran, dan efektif.

Ada empat jenis segmentasi pasar yang dapat diterapkan:

Segmentasi Demografis: Mempertimbangkan faktor seperti usia, jenis kelamin, etnis, status pernikahan, dan pekerjaan. Hal ini membantu dalam menetapkan target pasar yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan.

Segmentasi Geografis: Berdasarkan lokasi geografis seperti negara, provinsi, dan kota. Hal ini membantu memahami budaya serta komunikasi yang cocok untuk target pelanggan.

Segmentasi Psikografis: Menggali lebih dalam tentang target pelanggan, termasuk gaya hidup, hobi, dan preferensi mereka terhadap tren.

Segmentasi Perilaku: Mendasarkan pada kebiasaan konsumen dalam membeli dan menggunakan produk, termasuk tingkat loyalitas dan manfaat yang dicari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Analisis Selengkapnya
Lihat Analisis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun