Mohon tunggu...
Mustiana
Mustiana Mohon Tunggu... Penerjemah - Penulis
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Penulis dan penyuka traveling

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Ke Cirebon yang Bikin Greget

21 Agustus 2019   08:21 Diperbarui: 21 Agustus 2019   08:23 222
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Selepas menunaikan tugas liputan yang digeber tanpa henti, maka saatnya menikmati Cirebon sesungguhnya. Sebenarnya saya sudah beberapa kali browsing tentang Cirebon, tapi enggak afdol kalau enggak tanya sendiri sama orang  asli Cirebon.

Yang terdekat, ya tukang becak yang mengantar saya. Sembari menyusuri jalanan sempit saya bertanya soal wisata terdekat di Cirebon kota. Saya tanya pantai trus katanya ada, tapi sebenarnya itu bukan pantai melainkan pelabuhan namun orang Cirebon biasanya ke sana untuk memandangi laut.

Uniknya saya berkomunikasi dengannya pakai bahasa Indonesia setengah Jakarte deh dan dia menggunakan bahasa Cirebon yang merupakan perpaduan dari bahasa Sunda dan Jawa serta sedikit nuansa Tegal. 

Tambah lucu karena seolah-olah saya mengerti setiap jawaban si bapak yang dilemparkan pakai bahasa itu. Haha saya baru sadar terakhir-akhir kita tetap nyambung meski pakai bahasa berbeda wkkwkwk.

Saya sempat mampir di pinggir jalan untuk beli batu akik untuk ayah saya. Dan ternyata bapak becaknya juga suka batu akik. Dia memberi rekomendasi mana batu akik yang bagus sekalian membantu menawar. 

Eh dia juga ikutan beli dan pamer kalau batu akik yang berwarna biru kelap kelip itu bagus. Saya mengangguk-angguk aja, wong saya juga enggak ngerti mana batu akik yang bagus hahahahah..

Dengan kesepakatan harga Rp 40 ribu dia rela mengantar saya ke pelabuhan dan lanjut nanti malam membeli nasi jambal yang paling maknyos di sana.

Pada dasarnya Cirebon adalah kota yang panas dengan sedikit sekali destinasi wisata di dalamnya. Awalnya saya diajak keliling kota tua ala-ala Cirebon yang merupakan bekas bank pemerintah Belanda dulu yaitu De Javanesche Bank, ada juga kantor pos sampai gereja yang ada di area Jalan Yos Sudarso. Gak jauh dari situ ada bekas pabrik rokok di zaman yang sama British American Tobacco yang masih bagus-bagus.

Tidak jauh dari sini ada pelabuhan yang saya bilang tadi ada pantainya, dan tau-taunya..... jreng-jreng saya planga plongo. Sebenarnya pelabuhan ini milik Pelindo II yang enggak bisa sembarang masuk untuk wisata hahaha, tapi kayaknya si bapak becak dan orang Cirebon lainnya udah biasa jalan-jalan di sini sambil naik motor.

 Saya sempat bingung pantainya sebelah mana karena di sekitar cuma ada kapal-kapal bekas sampai bangunan tua yang enggak terawat. Sayang. 

Jalan sekitar 300 meter baru nemu air yang secara harfiah maksudnya pantai. Lagi-lagi saya kecewa karena kotornya nauzubillah. Bahkan airnya buat nyuci kapal, airnya cokelat sampai hampir hitam sampah dimana-mana. Mengerikan deh. Pantainya juga gak ada pasir adanya ilalang. Jadi menyadari pantai bukan cuma yang ada pasirnya hahaha

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun