Mohon tunggu...
mustika sholehah
mustika sholehah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiawa

Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Gallary Walk pada Materi Sel Hewan dan Sel Tel Tumbuhan terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA

31 Desember 2023   15:36 Diperbarui: 31 Desember 2023   16:02 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pernahkah kamu merasa bosan dengan pembelajaran di kelas yang hanya duduk dan mendengarkan guru menyampaikan materi? Bagi anak SMA, motivasi dan rasa menyenangkan dalam pembelajar itu penting, apalagi dalam belajar Materi Struktur sel Tumbuhan dan Sel Hewan yang merupakan bagian dari ilmu biologi yang abstrak. Untuk mengubah rasa bosan jadi menyenangkan kita dapat menggunakan metode Gallery Walk ini loh! Metode ini tentunya akan menyenangkan dan membuat mu merasakan hal baru dalam pembelajaran.

Belajar merupakan suatu aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik di Sekolah maupun di luar sekolah untuk mendapatkan hal baru yang belum mereka ketahui. Pembelajaran merupakan suatu proses untuk menciptakan kondisi yang kondusif agar terjadi interaksi komunikasi belajar antara guru, peserta didik dan komponen pembelajaran lain untuk mencapai tujuan pembelajaran. Belajar tentunya memerlukan motivasi. Motivasi merupakan daya pendorong untuk melakukan kegiatan belajar yang berasal dari dalam dan luar diri peserta didik sehingga dapat menumbuhkan semangat dalam belajar.

Seorang guru perlu menentukan model pembelajaran yang tepat untuk materi yang akan disampaikan. Model pembelajaran merupakan seperangkat prosedur yang berurutan untuk melaksanakan proses pembelajaran. Pemilihan model pembelajaran yang tepat akan berpengaruh terhadap motivasi belajar peserta didik.

Model pembelajaran Gallery Walk dapat digunakan dalam pembelajaran biologi. Gallery Walk berasal dari bahasa Inggris, Gallery artinya pameran. Pameran merupakan suatu kegiatan untuk memperkenalkan produk, karya atau gagasan kepada khalayak ramai. Misalnya pameran gambar, pameran tulisan, dan pameran buku. Sedangkan Walk adalah berjalan, melangkah.

Gallery Walk merupakan satu bentuk model pembelajaran kooperatif yang dapat meningkatkan kemampuan Peserta didik untuk menemukan pengetahuan baru, dan mempermudah daya ingat karena sesuatu yang ditemukan itu dapat dilihat secara langsung. Model pembelajaran ini dapat mendorong peserta didik untuk terlibat aktif dalam proses belajar. Mereka diberikan kesempatan untuk menemukan pengetahuan baru dan memecahkan suatu masalah melalui kerja sama dalam kelompoknya. Peserta didik tidak akan merasa bosan karena dalam belajar dapat berinteraksi dengan teman sekelompoknya. Metode ini juga dapat mengatasi pelajaran yang kurang dimengerti oleh peserta didik yang membuat hasil belajar belum maksimal.

Salah satu kunci keberhasilan dari model pembelajaran ini yaitu penggunaan media pembelajaran. Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim pesan kepada penerima pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat serta perhatian peserta didik. Dalam Gallery Walk, peserta didik tidak hanya bergantung pada papan tulis dan buku teks. Mereka dapat menggunakan berbagai media, seperti poster, gambar ataupun model 3 Dimensi yang berperan penting dalam meningkatkan pemahaman mereka terhadap suatu materi pembelajaran.

Sumber:

Andriani, R. & Rasto. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4 (1), 80-86.

Djamaluddin, A. & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran . Parepare: CV. Kaaffah Learning Center

Luzyawati, L., Idah Hamidah, I. & Febrianti, L. (2020). Implementasi Metode Gallery Walk Terhadap Minat Dan Kemampuan Kognitif Siswa Pada Materi Virus. Jurnal Bio Educatio, 5 (2), 1-9.

Nurrama, D. S., Miswari. & Hidayat, S. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Stay and Stray Dengan Media Flashcard Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Pernapasan Di Kelas Xi Ipa Sma Negeri 5 Semarang
Tahun Ajaran 2016/2017. Bioeduca: Jurnal Pendidikan Biologi, 1 (1), 47 -- 54.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun