Mohon tunggu...
Mustika Finanda Sachnun Putri
Mustika Finanda Sachnun Putri Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Mahasiswa UIN Malang
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Man Jadda Wajada

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

APE untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa Anak dan Kriterianya

3 November 2021   05:47 Diperbarui: 3 November 2021   05:50 232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Bahasa merupakan suatu komponen yang penting dalam perkembangan anak. Bahasa menjadi hal yang berperan paling banyak dalam kegiatan sehari-hari anak. Sebab anak usia dini mengalami masa dimana mengalami perkembangansecara cepat dan fundamental. 

Perkembangan ini terdiri dari berbagai aspek perkembang dengan cepat. Salah satunya dalam aspek perkembangan bahasa. Perkembangan bahasa ini dianatranya mengenai segala hal yang berkaitan dengan komunikasi serta menyatakan pikiran dan perasaan baik itu melalui simbol, tulisan, isyarat, raut wajah dan sebagainya.  

A. Definisi Kemampuan Bahasa Anak 

Salah satu aspek yang penting dalam perkembangan anak usia dini yaitu dikembangkan dalam proses pembelajaran di taman kanak-kanak untuk meningkatkan kemampuan dasar anak adalah bahasa. Di bawah ini merupakan penjelasan mengenai perkembangan bahasa anak. 

Bahasa menurut Hurlock merupakan setiap sarana komunikasi dengan mengubah pikiran dan perasaan ke dalam bentuk simbol-simbol sehingga maknanya dapat diberikan kepadaorang lain. Yang termasuk di dalam hal tersebut adalah perbedaan bentuk komunikasi seperti tulisan, bicara, bahasa simbol, ekspresi muka, isyarat, pantomim, dan seni.Crystall dalam Hoff secara lebih sederhana menyatakan bahwa "Language is the systematic and conventional use of sounds (or sign or written symbols) for the purpose of communication or self-expression". 

Susanto menyatakan bahwa bahasa adalah alat untuk berpikir, berekspresi dan berkomunikasi. Dalam upaya pembentukan konsep, informasi, dan pemecahan masalah, bahasa menjadi salah satu penunjang utama. Melalui bahasa juga kita dapat memahami komunikasi pikiran dan perasaan.

Masa kanak-kanak adalah masa yang paling fundamental dalam mengoptimalkan segala kemapuan anak. Bahasa adalah salah satu aspek yang patut untuk dikembangkan, karena antara kemampuan satu dengan kemampuan yang lain saling berkaitan dengan satu sama lainnya.

Sebuah Hipotesis yang dikemukakan Chomsky menyatakan bahwa anak- anak dilahirkan dengan struktur linguistik yang memungkinkan mereka memperoleh bahasa sangat cepat ketika mereka berada di prasekolah. Hurlock mengemukakan bahwa "Cakupan bahasa pada setiap sarana komunikasi yang menyimbolkan pikiran dan perasaan seseorang untuk disampaikan kepada orang lain".

B. Tahapan Perkembangan Bahasa Anak 

    Dukungan serta peran yang memadai dari orang- orang disekeliling anak dan lingkungan menjadi faktor dalam perkembangan kemampuan bahasa anak. Di lingkungan anak usia dini  dapat mendukung bagi perkembangan bahasa, yang sebagian besarnya anak berada pada tahapan meniru segala sesuatu yang di dengar, dilihat bahkan akan dihayati oleh anak dalam kesehariannya. Adapun tahapan perkembangan bahasa anak menurut Jalongo antara lain :

1. Tahap Pralinguistik berada pada fase bayi, pada fase ini anak akan berusaha melakukan komunikasi dengan orang disekitarnya                 terlebih kepada ibunya dengan cara menangis, tersenyum, tertawa, menjerit. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun