Data menunjukkan bahwa multitasking terjadi pada lebih dari 30% online meeting. Kenapa hal ini bisa terjadi dan apakah berdampak negatif pada jalannya meeting atau justru sebaliknya?
Siapa yang belum kenal dengan zoom, google meet atau microsoft team? saya yakin Anda semua sudah mengenalnya, bahkan menjadi pengguna setia salah satu dari aplikasi tersebut.
Aplikasi tersebut lazim digunakan untuk online atau remote meeting, yang menjadi sangat populer saat wabah covid-19 merebak. Pada saat itu, ketika Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan, mayoritas perusahaan baik publik maupun privat dipaksa mengubah metode kerjanya. Pegawai yang biasanya ngantor, harus bekerja dari rumah (WFH).
Ketika wabah covid-19 sudah relatif terkendali, sebagian pemberi kerja tetap mengimplementasikan metode kerja remote (WFH). Metode ini menjadi alternatif terutama bagi peran atau jabatan tertentu yang penyelesaian pekerjaannya tidak harus di kantor. Implikasinya, online meeting akan menjadi rutinitas bagi sebagian pekerjanya.
Pernahkah Anda melakukan multitasking ketika online meeting? atau pernahkah melihat rekan kerja Anda yang melakukannya? saya menduga jawabannya iya.  Distraksi cenderung lebih mudah terjadi ketika online meeting dibanding ketika meeting dilakukan secara tatap muka atau offline.Â
Pertanyaannya, apakah multitasking itu berdampak positif atau negatif? kemudian, pada kondisi seperti apakah multitasking cenderung banyak terjadi? mari kita bahas satu per satu.
Dampak positif multitasking saat online meeting
Multitasking dapat meningkatkan produktivitas kerja. Dengan memahami terlebih dulu konteks atau tingkat kepentingan dari online meeting yang dihadiri, Anda dapat mengatur seberapa jauh tingkat keterlibatan dalam meeting tersebut. Apabila konten atau tema pada saat meeting tidak begitu relevan dengan pekerjaan, Anda dapat melakukan multitasking.
Anda juga dapat melakukan multitasking dengan mengerjakan suatu hal yang berhubungan dengan topik meeting tersebut, misalnya mencari data terkait di internet atau berdiskusi via whatsapp chat terkait dengan topik meeting. Hal tersebut tentu saja dapat meningkatkan produktivitas kerja.
Dampak negatif multitasking saat online meeting
Hilangnya fokus yang mengakibatkan terlewatkannya informasi penting. Ketika Anda mengalihkan perhatian pada saat online meeting untuk mengerjakan suatu hal lain, kemungkinan ada informasi yang akan dilewatkan, atau Anda akan sukar untuk kembali mengikuti jalannya meeting.