Mohon tunggu...
Mustakim
Mustakim Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Blogger Enthusiasm

Selain menjadi penulis lepas saya juga sering berbagi informasi menarik lain di blog pribadi Mustakim.org

Selanjutnya

Tutup

Worklife

[Share] Pengalaman Jadi Freelance Content Writer dan Pendapatannya

23 Februari 2022   23:37 Diperbarui: 23 Februari 2022   23:46 3418
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar dari Canva.com

Bicara soal mencari uang dari internet, saya sudah sejak tahun 2018 melakukannya hingga saat ini. Salah satu profesi yang saya tekuni adalah menjadi seorang freelance content writer atau bahasa umumnya mah jadi penulis artikel lepas. Dari 2018 hingga sekarang itu tentu bukan waktu yang sebentar bagi saya, asam manisnya dunia freelance pun sudah saya rasakan. 

Tapi di bandingkan asamnya, alhamdulillah saya lebih banyak merasakan manisnya, wajar karena ini sudah menjadi hobi saya. Apapun jika dikerjakan dengan hati pasti akan terasa sangat amat nyaman dan menyenangkan. Walau kerap kali di kejar-kejar deadline tapi hati masih terasa nyaman menjalani pekerjaan ini. 

Bahkan tawaran kerja dengan gaji 5 kali lipat dari gaji lama saya pun masih saya tolak. Ada banyak hal menarik yang saya dapatkan di dunia freelance ini. Buat kamu yang sekarang ini masih merasa ragu-ragu mau kerja full online karena takut A,B, C, D dan lain hal, mungkin artikel ini bisa jadi referensi yang pas nih. 

Kenapa Saya Lebih Suka Freelance? 

Jujur aja sih YA, rasanya saya udah gak ada hasrat lagi buat kerja di kantor orang lain meski dengan jabatan tinggi. Entah kalo ke depannya YA. Untuk saat ini saya masih merasa nyaman dengan dunia freelance yang saya tekuni ini. Beberapa alasan kenapa saya begitu menyukai dunia freelance, yaitu:

  1. Tidak terikat dengan waktu
  2. Tidak ada kontrak kerja
  3. Tidak ada tuntutan jelas
  4. Tidak perlu ribet ngurusin absen kerja
  5. Tidak pernah ribut lagi urus problem gaji
  6. Bebas menentukan pendapatan 
  7. Lebih banyak waktu buat lakuin hal lain 
  8. Masa depan lebih terbentuk
  9. Berpikir seperti pebisnis
  10. Pendapatan bisa lebih tinggi

Masih ada banyak alasan lain tentunya, cuma gak akan saya tulis di sini, he. 

Pekerjaan Freelance yang Dikerjakan

Saat ini ada banyak sih kerjaan freelance yang saya kerjakan, beberapa di antaranya sudah mendatangkan uang dan beberapa di antaranya belum menghasilkan sama sekali. Meski demikian tetap saya jalani dan saya nikmati, karena saya percaya semua itu ada proses dan sukses itu ada waktunya. Mau menghasilkan atau tidak, pasti akan saya jalani. Adapun beberapa pekerjaan freelance yang saya tekuni saat ini untuk hasilkan uang dari internet, yaitu:

1. Buka Jasa Artikel

Nah kalo ini adalah pekerjaan yang saya tekuni sejak tahun 2018 nih. Ini pula yang jadi sumber penghasilan utama saya. Dari sinilah saya dapatkan uang buat makan. Saya buka web jasa artikel, untuk memasarkan penawaran jasa saya. Alhamdulillah sampai saat ini hal tersebut masih jadi sumber penghasilan saya, bahkan ratusan klien sudah kerjasama hingga saat ini.

2. Buka Jasa Bikin Web 

Selain itu, saya juga jasa pembuatan web. Tapi ini belum menghasilkan besar, sebulan itu paling ada order 1-2 web doang. Namun lebih dari gaji saya waktu jadi buruh pabrik mah walaupun ngerjain 1-2 web doang sebulan.  Cuma ngerjainnya aja yang cape, karena kudu buat web, desain + kudu isi kontennya pula. 

3. Ngeblog 

Nah kalo ngeblog, sekarang ini belum menghasilkan sama sekali kecuali jual space iklan dan backlink doang. Itupun paling cuma laku di bawah harga 200 ribuan. Blog personal saya Mustakim.org sama web Ebisnis itu saya buat tahun 2020 lalu tapi belum ngasilin sama sekali, apes.  Tapi saya yakin, tahun depan kedua web ini bisa ngasilin minimal 10% dari penghasilan Kompasiana, hehe. 

Hasil yang Didapat Selama Jadi Freelance Content Writer

Ini tidak bermaksud sombong ataupun pamer ya, sharing saja. Alhamdulillah, selama beberapa tahun jalankan profesi ini saya berhasil membeli beberapa barang yang saya inginkan termasuk kebutuhan mah sudah lebih dari cukup. Saya sebutkan yang sekiranya nampak dan masih saya pakai sampai sekarang. 

1. 2 Unit Sepeda Motor

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun