Â
Apa yang aku ingat tentang sekolah adalah kenangan-kenangan yang aku buat bersama teman-teman." (J. J. Watt, Atlet American Football).
Aktivitas bersama peserta didik dalam kelas pembelajaran saya merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan bersama murid-murid di kelas. Saya menikmati kondisi pembelajaran demikian. Pengalaman pembelajaran yang saya lakukan selama ini terlihat memberikan dampak yang baik bagi murid-murid di Kelas.Â
Dari kegiatan-kegiatan yang terorganisir tersebut, saya dapat melihat munculnya keterampilan pembelajaran berbasis pengalaman yang pada  murid-murid di kelas.
Pengalaman pembelajaran yang saya temukan pada murid di kelas pembelajaran materi kepariwisataan yang saya lakukan meliputi:
MENGAMATI
- Mengamati video/gambar/ membaca artikel pariwisata
- Mengamati video/gambar/ membaca artikel tentang berbagai jenis objek wisata di Indonesia
MENANYA
- Mengajukan pertanyaan  terkait dengan pengertian, istilah, sejarah dan hubungan sejarah pariwisata dengan perkembangan pariwisata di daerahnya.
- Setiap individu dalam kelompok mengajukan pertanyaan  terkait  dengan pengertian, jenis dan ciri produk; serta hubungan objek wisata dengan jenis wisatawan  yang datang
MENGUMPULKAN INFORMASI
- Mengumpulkan  data secara berkelompok untuk menjawab pertanyaan tentang pengertian, istilah, sejarah dan hubungan sejarah pariwisata dengan perkembangan pariwisata di daerahnya dengan menggunakan berbagai literatur
- Mengumpulkan  data secara berkelompok untuk menjawab pertanyaan tentang pengertian, jenis dan ciri produk serta objek hubungan objek wisata  dengan jenis wisatawan yang datang pada objek wisata dengan  menggunakan berbagai literatur.
- Kerja kelompok untuk membandingkan berbagai objek wisata yang ada di Indonesia berdasarkan berbagai lembar tugas
MENALAR/MENGASOSIASI
- Diskusi kelompok untuk mengolah data tentang siapa pemangku kepentingan industry pariwisata, peran dan manfaatnya, apa kebijakannya, mengapa dilakukan serta apa hubungan pemangku kepentingan, kebijakan dengan  kemajuan industry wisata di wilayahnya.
- Secara berkelompok menyimpulkan data hasil diskusi
- Kerja kelompok untuk mengolah dan menyimpulkan data hasil diskusi kelompok
MENGKOMUNIKASIKAN
- Mempresentasikan hasil  olah  dan kesimpulan data
- Membuat laporan tertulis hasil kerja kelompokÂ
- Mempresentaskan  hasil  diskusiÂ
- Membuat laporan tertulis hasil  diskusi kelompok
Sungguh nikmat jika murid-murid di kelas selalu menemukan pengalaman belajar yang demikian. (MT)Â