Selasa, 9 Mei, di Rinjani Ballroom hotel Lombok Plaza Mataram NTB berlangsung kegiatan sehari 'Workshop DigitalPreneur' yang diselenggarakan oleh Generasi Pesona Indonesia (Genpi) chappter Lombok Sumbawa. Diikuti total 40 peserta yang telah disaring dari sekitar 350 lebih pendaftar online. Sebagian besar peserta memiliki latar belakang pegiat pariwisata serta beberapa peserta lain memiliki hobi mengembangkan website atau design web.
Workshop diisi dua pemateri utama, yaitu Dani Satria (TW Acc @danie_Satrio - Kompas Gramedia) , co-founder dari satu web kekinian demosHAI online serta berkiprah belasan tahun di redaksional majalah berbasis generasi muda yang femes di Indonesia, HAI.
Berbagi slide materi, pemateri pertama mengajak peserta workhop langsung berinteraksi aktif di sela presentasi. Di selingan tanya jawab pula saya akhirnya bertemu juga rekan couchsurfer Lombok lain, yang sebelumnya jarang bisa lakukan meet up bersama. Sisi lain Dani Satria membagikan pengetahuannya bahwa umumnya para pemilik akun sosmed aktif lebih sering tuliskan kegiatan atau trip travelingnya dengan skema piramida terbalik.
Hmmm, seperti saya nih, langsung praktik on spot dari venue.
Sebagian besar slide presentasi Dani Satria mengulas spesifik prosentase pengguna akun-akun sosmed yang umum di generasi digital Indonesia. Dasar untuk kemudian menjadi referensi cara mengemas setiap konten digital yang ingin kita sebarluaskan atau ingin dikhususkan sebagai produk pun jasa yang menghasilkan (monetizing socmed account).
Terkait beberapa pemberitaan tentang sampah, baik di Rinjani atau beberapa spot wisata Lombok Sumbawa lainnya, beberapa aksi bersih sampah akan dilaksanakan di minggu ini. Yang terdekat, dikawal Genpi Lombok Sumbawa di spot wisata pantai Lombok, pantai Malimbu dan pantai Nipah. Aksi bersih Rinjani dikawal oleh Disbudpar Propinsi NTB yang diramaikan juga oleh pegiat wisata lainnya di Lombok Timur.
Genpi Lombok Sumbawa, volunteer generasi Pesona Indonesia yang terlibat aktif promosikan berbagai 'genre' berita positif dengan 'big theme' Pariwisata Indonesia. Sesuai chapternya, Genpi Lombok Sumbawa memang lebih fokus pada kawasan wisata di Lombok Sumbawa, namun umumnya bersinergi juga dengan Genpi chapter propinsi lainnya yang telah terbentuk. Saat ini sudah ada 8 propinsi yang memiliki Generasi Pesona Indonesia (GenPI) selain Lombok Sumbawa dan akan dikembangkan lagi di 14 propinsi lainnya di Indonesia.
Salam Pesona Indonesia..Wonderful..