Foto DokPri
'Inaq, tunas kangkungnya due pesel'. (Bu, tolong kangkungnya dua ikat.)
'Dua ribu mauq telu pesel buk. Nyengken taek ejin.' (Dua ribu dapat tiga ikat bu. Harganya sedang naik.)
'Nggih silaq'. (Baik bu)
Dua ribuan kumal berpindah tangan, bayangan sepiring beberok kangkung tak pedas demi anak saya terkecil juga bisa ikut menikmati sudah membayang.
Dua hari berikutnya, saya kembali ke bakul bibi penjual kangkung. Kali ini ingin memasak tumis kangkung spesial dengan udang, makanan favorit sekeluarga. Semoga si bibi berkenan berikan diskon, walau sedikit, lima ribu rupiah untuk enam ikat kangkung.
'Buk, anih, aget sak belanje malik. Uwik gerik kartu ape jage leman dompetm.' (Bu, syukur belanja lagi di sini. Kemarin ada kartu yang terjatuh dari  dompet  ibu.)
'Wah, kartu ape ino Inaq?' (Wah, kartu apa ya Bi)
Kartu bernuansa hijau dengan latar putih bersih, terlaminating sehingga aman dari lipatan serta remasan, disodorkan bibi penjual kangkung.
'Oh, kartu BPJS tiyang niki Inaq. Tampiasih nggih mpun pelungguh simpen. Â Sampekn ilang, burung anak jarin tiyang mauk warisan.' Â (Oh, ini kartu BPJS Â saya bi. Terimakasih sudah disimpankan. Kalau sampai hilang, nanti anak saya bisa-bisa tidak dapat warisan.)
'Anih, brembe ceriten kartu bau bing anak warisan?' (Wah, bagaimana bisa anak-anak kita dapat warisan dari kartu begitu?)