Mohon tunggu...
Musleh
Musleh Mohon Tunggu... Guru - sebagai pengajar - im simple man

Keseharian saya mengajar ekonomi/akuntansi, juga suka berolahraga dan moto saya banyak berbuat baik untuk semua

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata Modul 2.2 Kompetesi Sosial dan Emosional (KSE)

7 Maret 2023   20:13 Diperbarui: 7 Maret 2023   20:55 4927
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Apa yang Bapak/Ibu lihat dalam proses tersebut? (Peristiwa)

Pada minggu ini saya belajar tentang penerapan pembelajaran sosial dan emosional. Dalam modul ini kami mengenal dan memahami roda emosi, kompetensi sosial dan emosional, teknik STOP dan masih banyak lagi materi baru yang saya dapatkan. Pembelajaran sosial dan emosional adalah pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan seluruh warga sekolah. Pembelajaran sosial dan emosional membuat murid dapatmerasakan sosial dan emosional yang dirasakannya dan orang lain serta kemampuannya untuk memecahkan permasalahan yang dihadapinya.

Apa yang Bapak/Ibu rasakan sehubungan dengan proses yang Anda alami? (Perasaan)

Selama mempelajari dan menerapkan modul 2.2 tentang Pembelajaran sosial dan emosional saya merasa senang dan bersemangat dalam mendapatkan materi ini melalui pendidikan guru penggerak karena sebelumnya belum mengetahui lebih mendalam terkait penerapan pembelajaran sosial dan emosional. Melalui modul 2.2 ini saya mengetahui bagaimana pembelajaran sosial dan emosional akan sangat berpengaruh sangat besar terhadap proses belajar mengajar dan berdampak penting pada hasil belajar murid.

Apa hal yang bermanfaat dari proses tersebut? (Pembelajaran)

Setelah mempelajari lebih mendalam tentang pembelajaran sosial dan emosional ada banyak pembelajaran yang saya dapatkan. Hal yang bermanfaat bagi murid yaitu mereka dapat mengenali dan mengetahui sosial dan emosional murid sebelum dan setelah pembelajaran berlangsung karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar murid. Hal bermanfaat pada proses pembelajaran sosial dan emosional bagi guru yaitu guru dapat mengelola dan mengendalikan sosial dab emosional kita sebelum dan setelah kegiatan belajar mengajar. Selain itu guru dapat memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan sosial dan emosional di sekolah.

Apa umpan balik yang Anda dapatkan? (Pembelajaran)

Umpan balik yang saya dapatkan dengan adanya PSE ini murid merasa senang karena bisa menjadi lebih terbuka dalam mengekspresikan perasaannya dan orang-orang di sekitarnya. Mereka juga bisa belajar menemukan solusi dari masalah yang dihadapinya. Umpan balik yang saya dapatkan dari PSE ini yaitu melalui teknik STOP saya menjadi lebih tenang dan fokus dalam menghadapi sebuah permasalahan serta mencari solusinya. Kemudian saya juga merasa mulai dapat memanagemen diri dan waktu dengan lebih efektif dan efisien dalam proses pembelajaran,

Apa yang ingin Anda perbaiki atau tingkatkan agar ini berdampak lebih luas? (Penerapan)

Menurut saya yang akan ditingkatkan lagi agar dapat berdampak luas yaitu:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun