Pemerintah akhirnya mengetuk palu untuk memperbolehkan mudik kepada warganya setelah dua tahun sebelumnya sempat dilarang. Euforia mudik 2022 bisa dipantau di mana-mana. Masyarakat menyambut gembira akan hal tersebut. Bahkan pemerintah mencabut kewajiban tes antigen bagi pemudik yang sudah mengantongi vaksin booster. Kebijakan tersebut terasa melegakan bagi pemudik kantong cekak macam saya di mana mengeluarkan uang tiga puluh lima ribu terasa begitu berat.
Hal yang membuat mudik 2022 menjadi momen tak terlupakan bagi saya bukanlah dua poin di atas, namun lebih kepada hal sederhana sewaktu saya mengenal BRImo.
BRImo itu Dijamin Keamanannya
Tahun sebelumnya saya orangnya kekeh, anti terhadap digital banking. Alasannya karena saya gampang "parno"- takut data saya dijuallah, kena tipulah, atau saldo tiba-tiba berpindah tangan. Saya juga dengar desas-desus dari kawan bahwa sering sekali digital banking mengalami eror sehingga berbagai transaksi gagal dilakukan, ujung-ujungnya harus ke ATM terdekat.
Persepsi saya berubah ketika mengetahui BRImo meluncurkan fitur Complain in Apps pada April 2022 yang lalu. Dengan fitur canggih tersebut, saya tidak perlu susah payah ke kantor cabang terdekat atau mengeluarkan sedikit pulsa untuk menghubungi contact center apabila ada kendala, saya hanya perlu membuat aduan dalam sekali sentuhan saja.
Senada dengan apa yang disampaikan oleh Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani bahwa fitur tersebut merupakan wujud komitmen BRI dalam memberikan pelayanan terbaik, mudah, aman, dan efisien. Keempat poin tersebut segera mengusir jauh-jauh pikiran buruk saya sebelumnya.
Sebenarnya BRI juga punya Contact Center yang responsif dari berbagai media sosial (WA, Twitter, Facebook, dan Instagram), namun perlu diperhatikan setiap akun resmi BRI memiliki centang biru, jangan sampai keliru. Ada banyak pilihan, tinggal kita merasa nyaman yang mana.
Di samping itu, data konsumen juga dipastikan aman karena terdapat program data privacy di dalam aplikasi. Hal ini bisa dilihat dari adanya pendeteksian wajah saat pendaftaran pertama untuk memastikan apakah itu adalah benar-benar kita, bukan robot atau orang lain yang punya niatan jahat.
Pengalaman saya menggunakan BRImo dapat dijadikan bukti. Ketika itu saya sempat was-was pembelian pulsa tidak juga berhasil, mana saya lagi di kampung halaman. Saya sangat membutuhkannya dengan cepat untuk mengirim salam lebaran kepada rekan-rekan di perantauan yang tidak mudik. Saya pun tidak mungkin ke kantor cabang karena di rumah sedang banyak tamu berdatangan.