Mohon tunggu...
Mursalin Abdulmanaf
Mursalin Abdulmanaf Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

(3P) : Pengajar | Peneliti | Penulis Email: mursalinamanaf@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Saya Terkejut dengan Angka 9.59.59.9

29 November 2013   21:17 Diperbarui: 24 Juni 2015   04:31 269
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemerintahan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Berbagi Pengalaman: ini murni pengalaman saya (Jumat Sore, 29-11-2013)

Saya terkejut !
Ceritanya begini,Tadi pagi jam 6.45 wib saya menemani teman kuliah melakukan penelitian siklus kedua pada salah satu SMPN di Kota Malang. Pembelajaran dimulai pada pukul 6.45 wib pagi. saya sebelumnya terbiasa mengatur stopwatch di HP pada saat melakukan aktivitas apapun untuk memudahkan mengetahui durasi waktu selama aktivitas dilaksanakan. Nah pada saat pembelajaran akan dimulai, maka saya mengaktfkan stopwatch di HP. akan tetapi saya lupa memberhentikan stopwatch yang tadi diaktifkan hingga baru sekarang tepatnya pukul 06.20 baru saya menstop nya.

Secara spontan sy menekan tombol berhenti tanpa melihat durasi waktu yang tadi, ternyata ketika sudah berhenti anehnya Angka durasi stopwatch 9.59.59.9.
bagi saya angka ini aneh,,kok bisa seperti ini, digit pertama 9, digit kedua 59, digit ketiga 59, dan digit keempat 9. seperti ada pengulangan digit yang hampir sama.
karena jarang terjadi seperti ini, maka membuatku penasaran ada apa dibalik bilangan ini, andaikan aku bisa memahami makna dibalik bilangan matematika mungkin kalaupun ada jurusan matematika supranatural akan menjadi mudah untuk dipahami. Note: supranatural disini bukan dalam artian ghaib, melainkan semacam ilmu olah angka/bilangan.

Adakah yang bisa menebak makna dibalik angka 9.59.59.9. ???


Wooow,,Luar bisa...!!!!
ternyata saya mendapat angka unik setelah saya mencoba mengolah durasi stopwatch tadi 9.59.59.9.Durasi tadi 9.59.59.9. saya mencoba menjumlahkan setiap angka,
9+5+9+5+9+9= 46. jadi totalnya 46.

Kemudian saya mencoba membagikan dengan banyaknya digit, banyaknya digit yaitu 6.
maka 46 : 6 = 7,6666667 (woow,,,angka yang luar biasa)

kalau kita tuliskan tanpa koma, 76666667. penasaran saya bertambah-tambah, karena melihat banyak digit angka 6 dari sederetan angka 76666667 berjumlah 6 digit pula. tadi 46 : 6=7.6666667

Kemudian, diawal dan diakhir ada angka 7. Ada apa ini...??
Semakin penasaran aku,,,
saya akan mencoba meneliti lebih lanjut, ada makna apa dibalik durasi stopwatch tadi 9.59.59.9.

Apakah ada teman-teman yang pande mengolah angka,,,??
Mohon bantuannya sekadar berbagi keunikan dalam matematika[]


[Pengalaman Mursalin, Mahasiswa S2 Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang Asal Aceh/Peminat Angka dalam Matematika]

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun