Kemampuan berbahasa yang baik dan benar sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pendidikan siswa yang memiliki latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda-beda. Dan Organisasi sekolah yang baik dapat mewujudkan sekolah yang unggul dan berkualitas.
Diceritakan dalam artikel ini bahwa salah satu kendala dalam pendidikan di sekolah adalah masalah bahasa. Hal ini juga dialami oleh sekolah Al-Ma’arif Kota Sorong. Dalam proses belajar mengajar. Di sekolah tersebut ada berapa kelompok siswa dari latar belakang budaya dan bahasa yang berbeda yaitu Suku Papua, Bugis, Jawa, Madura, Batak, Dll. Dalam keseharian bahasa daerah mereka menjadi bahasa komunikasi. Pada awal tahun ajaran baru di tingkat Sekolah Dasar siswa memiliki keterbatasan dalam berbahasa Indonesia, sehingga mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran. Namun dengan diupayakannnya untuk meningkatkan kecakapan siswa dalam berbahasa Indonesia maka pengajaran dan pembelajaran meningkat.
Organisasi sekolah yang baik dapat mewujudkan sekolah yang berkualitas dan unggul. Organisasi sekolah yang terdiri dari kepala sekolah, guru dan orangtua murid sangat berperan dalam mewujudkan sekolah yang unggul dan berkualitas. Dimana masing-masing bagian organisasi sekolah melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara baik dan benar. Hal ini juga sudah dilaksanakan di sekolah Al-Ma’arif Kota Sorong.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H