TikTok Shop adalah fitur e-commerce yang menyediakan platform untuk merek, pedagang, dan pengguna lainnya untuk memamerkan produk mereka melalui video pendek yang menarik. TikTok Shop memiliki pengaruh positif terhadap omset penjualan UMKM contohnya di UMKM di Pekanbaru. Dalam era digital, platform e-commerce seperti TikTok Shop berpotensi untuk mendorong pertumbuhan UMKM lokal.
Pengaruh Positif dari TikTok Shop
TikTok Shop memungkinkan pedagang memamerkan barang mereka melalui video pendek yang menarik, yang membuat pengalaman berbelanja menjadi lebih interaktif . Penelitian menunjukkan bahwa TikTok Shop memiliki dampak positif dan signifikan terhadap penjualan UMKM di Pekanbaru.
Dampak Negatif dari TikTok Shop
Terjadinya penurunan penjualan dan produksi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). TikTok Shop dinilai lebih digemari oleh masyarakat, sehingga membuat UMKM kalah saing.
Peluang dan Pengembangan
TikTok Shop memungkinkan bisnis kecil dan menengah untuk mengumpulkan data produk yang laris-manis dengan sumber daya internasional yang lebih murah. Platform ini juga memudahkan perdagangan online dan meningkatkan ekonomi mereka.
Pembukaan TikTok Shop kembali Setelah di Tutup
Pembukaan TikTok Shop kembali di Indonesia telah memberikan angin segar bagi para pelaku usaha lokal. Dengan investasi lebih dari 1,5 miliar dolar AS di Tokopedia, TikTok akan menginvestasikan dalam platform perdagangan elektronik lokal, yang akan membantu UMKM mendorong pertumbuhan.
SaranÂ
Untuk mengikuti teknologi yang berbasis digital, diperlukan pelatihan bagi UMKM supaya tetap dapat mengikuti teknologi. Sebagai pedagang, perlu dilakukan survei harga di pasaran terlebih dahulu, jangan jual produk dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasaran, kecuali jika produkmu memiliki keunikan dan nilai jual yang tinggi.