Mohon tunggu...
Muhammad Irfan
Muhammad Irfan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang penikmat penulis dan pemerhati terhadap isu yang sedang terjadi di luar

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Yuk Kenalan Sama Petugas Pelayanan Angkutan Umum

4 September 2023   06:30 Diperbarui: 5 September 2023   10:41 989
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Seorang Petugas CSOT yang baru selesai dinas Commuter Line di Stasiun Tangerang. (Dokpri)

Halo Sobat PEANMU (Pecinta Angkutan Umum), pasti kalian sudah tau dong, kalau setiap tanggal 4 September diperingati hari pelanggan nasional, mengutip dari laman Detik.com sejarah hari pelanggan nasional berawal pada tahun 2003, dimana Presiden RI ke-5 Megawati Seokarnoputri menyebutkan bahwa Hari Pelanggan Nasional (Haperlnas) dicetuskan oleh Handi Irawan Djuwadi, seorang pengusaha yang juga dikenal sebagai pendiri Frontier. 

Pada saat itu, ada sekitar 500 perusahaan baik dari BUMN, Pemerintah, dan Swasta turut meramaikan dan memperingati hari yang istimewa bagi pelanggan setianya. Tujuan dari peringatan hari Pelanggan Nasional adalah untuk menciptakan ekosistem pelanggan yang loyal, pelanggan yang puas, sehingga dapat membuat memengaruhi keberhasilan daripada sebuah perusahaan. 

Pada pembahasan kali ini, ada dua perusahaan yang menarik untuk saya bahas terkait Hari Pelanggan Nasional, yakni PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) dan PT Transjakarta. Alasan saya memilih kedua perusahaan ini, karena pelanggan yang menggunakan kedua moda transportasi umum ini sangat tinggi peminatnya, sehingga diyakini bahwa kedua perusahaan ini sangat memiliki loyalitas yang tinggi kepada para penggunanya.

Pelayanan Ramah Para Petugas Commuter Line 

Seorang Petugas CSOT yang baru selesai dinas Commuter Line di Stasiun Tangerang. (Dokpri)
Seorang Petugas CSOT yang baru selesai dinas Commuter Line di Stasiun Tangerang. (Dokpri)

Jika anda adalah pengguna Commuter Line (CL) atau Kereta Api Listrik (KRL), anda pasti sudah tidak asing dengan istilah CSOT atau Customer Service On Train. Para petugas yang berada di kereta terakhir inilah yang selalu membuka-tutup pintu kereta api ketika berada di stasiun tujuan. Tidak hanya itu saja, para petugas CSOT inilah yang juga sering memberi informasi kepada para pelanggan terkait suatu himbauan, event, ataupun kejadian yang terjadi baru-baru ini di Commuter Line.

CSOT sendiri baru berdiri pada tanggal 1 Agustut 2022 di Kota Solo, Jawa Tengah, yang pada saat itu juga masih bernama Service On Train (SOT). Pada saat itu, CSOT bertugas pada Commuter lintas Solo-Jogja yang membutuhkan banyak informasi terkait informasi yang dimiliki oleh PT KCI. Bahkan, peran CSOT menggantikan petugas sebelumnya yang disebut dengan Petugas Pelayan Kereta atau PPK.

Seringsekali saya menyapa para petugas CSOT ini ketika saya menggunakan Commuter Line lintas Cikarang, Lintas Bogor, dan Lintas Tangerang. Namun, pada saat itu karena kondisi masih dalam bahaya Pandemi Covid-19, terkadang saya tidak melihat adanya penerapan budaya 5S yang dilakukan oleh mereka, yakni Senyum, Sapa, Salam, Sopan, dan Santun. 

Akan tetapi, pasca Pandemi, pada tahun 2023, terutama ketika kewajiban menggunakan masker di angkutan umum dicabut, akhirnya kebiasaan 5S itu kembali dimunculkan, yang bertujuan menciptakan pelanggan yang loyal dan juga pelanggan yang ramah kepada para Customer Setvice tersebut. Hampir semua petugas juga membiasakan budaya yang ramah tersebut, agar reputasi perusahaan tidak lagi mengalami penurunan karena tidak membudayakan 5S tersebut.

Memberi Prioritas Adalah Keramahan Pramusapa 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun